Dark/Light Mode

Kemenkominfo Beri Layanan Terbaik Di KTT ASEAN 2023

Kamis, 4 Mei 2023 06:22 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate  Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengecek persiapan KTT ASEAN. (Foto : Kominfo)
Menkominfo Johnny G. Plate Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengecek persiapan KTT ASEAN. (Foto : Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyiapkan berbagai layanan terbaik untuk mensukseskan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada 9-11 Mei 2023.

Pada gelaran KTT ASEAN ke-42 ini, Rakyat Merdeka berkesempatan mengecek langsung fasilitas dan kesiapan dalam penyelenggaraannya nanti. Dari pagi hingga sore, nampak para pekerja bangunan semangat menjalankan tugasnya di berbagai venue.

Sementara pada malam harinya digelar acara dialog utama yang dipimpin Menkominfo Johnny G. Plate. Dia menyatakan, kementeriannya akan mendukung layanan media center yang optimal.

Pemerintah menyiapkan working space di media centre bagi para jurnalis yang akan meliput KTT ASEAN. Johnny meminta agar operator yang dipercaya bisa mengoptimalkan keandalan jaringan internet sangat baik di lokasi tersebut. Jangan sampai ada kendala bagi para awak media.

“Nanti pastikan internet dan fiber optic untuk media harus bagus,” tegas Johnny pada acara media briefing sekaligus makan malam bertajuk Persiapan KTT Ke 42 ASEAN, di Labuan Bajo, kemarin.

Baca juga : Kemenparekraf Siapkan Helpdesk Informasi Wisata Saat KTT ASEAN

Acara ini juga dihadiri Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko dan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong. Johnny mengaku sudah meninjau berbagai lokasi.

Antara lain, tempat pertemuan para pemimpin ASEAN di Hotel Meruorah Komodo di Labuan Bajo dan juga tempat makan malam para tamu negara di Hotel Ayana. Pihaknya ingin memberikan pelayanan yang terbaik. Masih ada beberapa yang masih tahap pengerjaan.

“Kami berharap selama Keketuaan ASEAN Indonesia juga mendorong ekonomi nasional di berbagai kota. Serta menjadi daya tarik investasi asing di Indonesia,” bebernya.

Moeldoko mengatakan, kesuksesan KTT ASEAN butuh keterlibatan dari masyarakat. Dukungan penuh masyarakat ini bisa memberi dampak yang berarti baik saat penyelenggaraan maupun pasca acara.  “Ini sangat tergantung bagaimana pemberitaan media,” ucapnya.

Moeldoko mengatakan, dirinya bersama Menkominfo juga sudah meninjau kesiapan tiga titik pusat KTT ASEAN di Labuan Bajo. “Ada tiga titik yang kami tinjau, pertama Hotel Meruorah, lalu Hotel Bintang Flores, dan Hotel Ayana yang menjadi pusat kegiatan KTT ASEAN,” tutur Moeldoko.

Baca juga : 1.660 Personel Polda NTT Bertolak Ke Labuan Bajo Untuk Amankan KTT ASEAN

Di Hotel Meruorah, rombongan Menkominfo dan Kepala Staf Kepresidenan memeriksa persiapan ballroom yang akan menjadi ruang acara pertemuan utama KTT ASEAN dan titik foto bersama para kepala negara atau kepala Pemerintahan ASEAN.

Di Hotel Bintang Flores, rombongan meninjau penyiapan ruangan media center untuk wartawan peliput KTT ASEAN. Sedangkan di Hotel Ayana, pimpinan media diajak Menteri Johnny dan Moeldoko meninjau persiapan lokasi penginapan dan makan malam penyambutan kepala negara atau Pemerintahan ASEAN.

Sekretaris Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Sumiati menjelaskan, untuk mendukung peran media dalam menyajikan informasi pihaknya berjanji memberikan fasilitas dan layanan optimal.

“Untuk media center kami siapkan di Hotel Bintang Flores. Dengan total di tiga ruangan di sini,” ujar Sumiati.

Dia menyebut, di Hotel Bintang Flores terdapat tiga ruangan dengan kapasitas sebanyak 340 kursi. Namun hotel tersebut belum sepenuhnya siap untuk media center. Pantauan Rakyat Merdeka, di area tersebut masih banyak pekerja bangunan yang sibuk mengerjakan tugasnya.

Baca juga : Jokowi Akan Pimpin Tujuh Pertemuan Di KTT ASEAN Ke 42

Beberapa ruang kamar yang diubah menjadi studio sudah dinyatakan siap. Sumiati mengakui, prosesnya memang belum 100 persen rampung. Dia menargetkan dalam waktu lima hari semuanya sudah siap. “Kami menargetkan bisa selesai dan siap digunakan oleh media pekan ini,” bebernya.

Hingga berita ini dibuat, sebanyak 319 orang wartawan, baik dari media nasional, media ofisial dan koresponden media asing telah diverifikasi dalam pendaftaran peliputan KTT ke-42 ASEAN.

Penanggung Jawab Media Center KTT Ke-42 ASEAN Rully Harya menambahkan, penyelesaian ruangan ini akan dilakukan secepatnya. Pada 5 Mei 2023 sudah dipakai untuk gladi resik.

“Fasilitas yang akan didapat oleh media peliput, antara lain working station berupa komputer, koneksi internet wifi, jaringan LAN, makan siang, mini studio, standupper, serta beberapa booth media,” terang Rully. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.