Dark/Light Mode

Blak-Blakan, Menkeu Jelaskan Alokasi APBN, APBD, dan Instrumen Keuangan Negara Untuk Jalanan Lampung

Minggu, 7 Mei 2023 10:26 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati (Foto: Instagram @smindrawati)
Menkeu Sri Mulyani Indrawati (Foto: Instagram @smindrawati)

RM.id  Rakyat Merdeka - Saat mengunjungi jalanan rusak di Lampung yang viral di media sosial, Presiden Jokowi mengumumkan, pemerintah akan membangun jalan yang rusak di wilayah tersebut. Tugas pembangunan dibagi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, serta Kabupaten/Kota.

Terkait hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan jumlah APBN dan APBD, serta instrumen Keuangan Negara yang dialokasikan untuk pembangunan jalan di Lampung dan Sumatera, melalui akun Instagramnya.

Dari APBN, belanja K/L PUPR untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan nasional tercatat dengan alokasi sebesar Rp 588,7 miliar untuk tahun 2023. Hingga 2 Mei 2023, terealisasi Rp 81,6 miliar.

"Realisasi tahun 2022, mencapai Rp 508,1 miliar," jelas Sri Mulyani.

Baca juga : Kemenkes Berikan Pendampingan Hukum Untuk 2 Dokter Yang Dianiaya Di Lampung

Sementara transfer dana dari Pusat Ke Pemda untuk pembangunan jalan (DAK Fisik) tahun 2023 Provinsi/ Kabupatan/Kota seluruh Lampung, mencapai Rp 402,44 miliar untuk jalan sepanjang 231,9 km.

Sedangkan pembangunan Jalan Tol Sumatera yang melintasi Provinsi Lampung melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Jaminan Pemerintah kepada BUMN konstruksi PT Hutama Karya (Persero) Tbk di dua ruas, adalah sebagai berikut:

a. Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Panjang 140 km)

Dukungan Pemerintah dalam bentuk PMN Rp 2,2 triliun dan Jaminan Pemerintah Rp 22,09 triliun.

Baca juga : Sahabat Ganjar Gunakan Aplikasi Canggih Untuk Pulangkan Puluhan Ribu Pemudik

b. Ruas Terbanggi Besar- Pematang Panggang-Kayu Agung (Panjang 189 km)

Dukungan Pemerintah dalam bentuk PMN Rp 4 triliun dan Jaminan Pemerintah Rp 14,37 triliun.

"Pendanaan pembebasan lahan oleh Badan Layanan Umum Lembaga Manajemen Aset Negara di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar mencapai Rp 3,75 triliun. Sedangkan di Terbanggi Besar-Pematang Panggang Rp 1,86 triliun," terang Sri Mulyani.

Dari APBD, Program Penyelenggaraan Jalan APBD 2023 Provinsi/ Kabupaten/Kota di seluruh Lampung mencapai Rp 2,16 triliun. Khusus Provinsi Lampung Rp 886,8 miliar.

Baca juga : Pertamina Pastikan Stok dan Distribusi untuk Jawa Bagian Barat Aman

"Pembangunan infrastruktur adalah agenda prioritas nasional tahun ini. Pajak yang dibayar rakyat dimanfaatkan untuk menciptakan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah nusantara," pungkas Sri Mulyani. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.