Dark/Light Mode

Sahabat Ganjar Gunakan Aplikasi Canggih Untuk Pulangkan Puluhan Ribu Pemudik

Jumat, 14 April 2023 12:04 WIB
Relawan Sahabat Ganjar saat melakukan pendataan peserta Mudikers GP. (Foto: Sahabat Ganjar)
Relawan Sahabat Ganjar saat melakukan pendataan peserta Mudikers GP. (Foto: Sahabat Ganjar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Sahabat Ganjar (SAGA) menutup rangkaian kegiatan selama bulan suci Ramadhan dengan menggelar Mudik Gratis Bersama Sahabat Ganjar. Kegiatan yang diikuti puluhan ribu peserta ini bertema "Mudikers GP".

Para relawan menggunakan aplikasi canggih bernama SIMDIK atau Sistem Mudik SAGA 2023 dalam mendata jadwal pemberangkatannya.

Juru bicara Sahabat Ganjar Mahathir Muhammad mengatakan, pelaksanaan Mudikers GP tahun ini pihaknya membuka rute dengan tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Lampung dan Sumatera Selatan.

Pelaksanaannya diawali dengan para peserta melakukan pendaftaran di web Sahabat Ganjar https://sahabatganjar.com/mudik2023/.

Selanjutnya, melakukan registrasi ulang di Masjid Agung At-tin, jalan Taman Mini, Jakarta Timur dari tanggal 7 hingga 10 April 2023.

Baca juga : Mak Ganjar Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan Asin Dan Salurkan Bantuan Garam Bata Di Jepara

"Untuk mendata pemberangkatan calon peserta yang jumlahnya mencapai puluhan ribu orang ini, kami relawan Sahabat Ganjar yang melek teknologi menggunakan aplikasi canggih. Namanya SIMDIK atau Sistem Mudik SAGA 2023," kata Mahatir di Jakarta, Kamis (13/4).

Dia menjelaskan, keunggulan pertama Sistem Mudik Sahabat Ganjar ini dapat mengkategorikan jenis pekerjaan pemudik, dan provinsi kota tujuan.

Sedangkan keunggulan kedua mempermudah pemudik dan panitia keberangkatan dalam menentukan kuota bus yang tersedia.

"Dengan aplikasi ini kami juga bisa menyaring adanya pemudik gelap, karena tiketnya berupa barcode," tuturnya. 

Dia mengungkapkan, ada beberapa menu yang terdapat di website Sistem Mudik Sahabat Ganjar. Salah satunya menu dashboard yang memperlihatkan data 26.801 pemudik yang telah melakukan pendaftaran awal melalui website.

Baca juga : Antisipasi Lonjakan, Pemerintah Siapkan Strategi Untuk 123,8 Juta Pemudik

Termasuk, jumlah peserta yang telah melakukan pendaftaran ulang di beberapa daerah seperti Jakarta, Kota Bandung, Depok, dan Cikarang Bekasi.

"Nah, bagi peserta yang telah melakukan registrasi ulang, namanya akan terverifikasi dan bisa dilihat di website Sistem Mudik. Sedangkan khusus pemudik yang belum melek teknologi dan belum melakukan pendaftaran awal, kami juga memfasilitasi agar bisa melakukan registrasi secara langsung," paparnya.

Mahatir mengatakan, kebanyakan pemudik yang mengikuti kegiatan Mudikers GP berprofesi sebagai karyawan swasta, pelajar dan ibu rumah tangga.

Sedangkan mayoritas kota tujuannya adalah Kota Wonogiri, Kebumen, Solo dan Klaten.

"Dengan sistem ini pendataan peserta dan pemberangkatan pemudik tidak akan terjadi kesalahan. Sebab, Sistem Mudik ini juga terintegrasi dengan kota tujuan mudik berdasarkan kuota bus," ungkapnya.

Baca juga : Sambil Ngabuburit, Mak Ganjar Tanam Bibit Pohon Cabe Untuk Ketahanan Pangan

Mahathir mengimbau kepada seluruh pemudik untuk mempersiapkan segalanya dengan baik sebelum jam keberangkatan.

Terutama, melakukan check in barcode, dan membawa tiket yang sudah diberikan panitia, pada saat keberangkatan 20 April 2023.

"Mudikers GP yang sudah terdaftar, dapat melakukan sistem check in saat hari keberangkatan pada tanggal 20 April pukul 5 pagi (WIB) menggunakan sistem mudik ini," ingatnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.