Dark/Light Mode

Para Menteri Sosial Budaya Sepakat Bawa 4 Dokumen Ke KTT ASEAN

Senin, 8 Mei 2023 16:43 WIB
Para Menteri Sosial Budaya Sepakat Bawa 4 Dokumen Ke KTT ASEAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertemuan Menteri Sosial Budaya ASEAN pada ASEAN Socio Cultural Community (ASCC) 2023, menyepakati empat dokumen untuk dibawa ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Sudah disepakati di tingkat menteri, akan dibawa ke KTT ASEAN 2023,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, saat ditemui usai memimpin sidang ASCC 2023 di Nusa Dua, Bali, Senin (8/5).

Muhadjir mengatakan, empat dokumen itu terkait one health initiative, jejaring desa ASEAN, perlindungan pekerja migran dalam situasi krisis, dan pekerja migran, khususnya nelayan migran.

Baca juga : Menko PMK Pimpin Sidang Dewan Menteri Pilar Sosial Budaya ASEAN Ke-29

"Empat dokumen komitmen ini sebagai upaya memajukan ASEAN yang inklusif," tutur dia.

Lebih lanjut, Muhadjir menjelaskan, Menteri Sosial dan Budaya sepakat untuk membangun satu platform bersama di bidang kesehatan di ASEAN.

"Ini belajar dari pandemik Covid-19. Saling tukar pengalaman, dan Indonesia salah satu yang dianggap berhasil menangani Covid-19,” bebernya.

Baca juga : Menko PMK Bawa Solusi Penanganan Kemiskinan Ke KTT ASEAN

Kedua, para menteri juga menyepakati tentang perlindungan pekerja migran dan keluarganya. Menurut Muhadjir, isu ini penting, mengingat banyaknya pekerja migran Indonesia yang sedang mengadu nasib di negara tetangga.

“Nanti akan ditangani secara lebih terorganisir dan dalam regional,” imbuhnya.

Ketiga, perlindungan bagi migran nelayan baik nelayan Vietnam yang masuk ke Malaysia, termasuk juga nelayan migran Indonesia di negara tetangga.

Baca juga : Kapolri Dan Panglima Sepakat Sinergitas TNI-Polri Kunci Sukses Keamanan KTT ASEAN

“Nanti akan dibicarakan jadi tema, atau kesepakatan yang nanti kita usulkan di tingkat KTT ASEAN,” tandas Muhadjir. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.