Dark/Light Mode

Cetak Instalatir PLTS Kompeten, Kementerian ESDM Gelar Pelatihan Gratis

Sabtu, 13 Mei 2023 17:59 WIB
Penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya sedang digencarkan Kementerian ESDM saat ini (Foto: Ilustrasi)
Penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya sedang digencarkan Kementerian ESDM saat ini (Foto: Ilustrasi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah pemanasan global yang semakin parah, penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk pemenuhan kebutuhan listrik di masyarakat tentu merupakan satu langkah terbaik dalam mengatasi masalah ini.

Penggunaan PLTS juga memiliki beberapa tantangan. Salah satu tantangan utama adalah masih terbatasnya tenaga teknik yang mampu membangun dan memasang sistem PLTS.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga instalatir PLTS yang kompeten tersebut, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menggelar Pelatihan Teknis Pembangunan dan Pemasangan PLTS bagi Pelaksana Madya yang diselenggarakan secara gratis bagi masyarakat di Provinsi Kalimantan Timur.

Baca juga : Cak Imin: Insya Allah Setelah Musyawarah Dengan Ulama, 1-2 Bulan Lagi

"Pelatihan dan sertifikasi ini diberikan secara gratis, untuk masyarakat di Kalimantan Timur guna menghasilkan tenaga teknik yang mampu melakukan pembangunan dan pemasangan PLTS secara tepat," tutur Kepala PPSDM KEBTKE A. Susetyo Edi Prabowo di Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (12/5).

Menurutnya, Pelatihan dan sertifikasi ini merupakan implementasi program kerja sama antara Kementerian ESDM dengan Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Timur, untuk mendukung penyiapan tenaga Teknik ketenagalistrikan yang kompeten.

Kegiatan ini diikuti 20 peserta yang berasal dari masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara, Mahakam Ulu, Kutai Kartanegara, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Bontang, Kota Samarinda, Kota Balikpapan.

Baca juga : Cetak Pengusaha Naik Kelas, Komunitas Bisnis TDA Gelar Meet The Investor

Lebih lanjut Susetyo Edi mengatakan, penggunaan PLTS memerlukan perusahaan-perusahaan yang mampu memproduksi dan memasang panel surya, inverter, dan perangkat lainnya.

Hal ini membuka peluang bagi industri-industri lokal untuk berkembang dan menciptakan lapangan kerja baru. "Instalasi dan pemeliharaan sistem PLTS memerlukan tenaga kerja lokal, sehingga manfaat penggunaan PLTS tentunya dapat menurunkan angka pengangguran di masyarakat," pungkas Susetyo Edi.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut terdiri dari teori dasar listrik, pengukuran listrik, keselamatan ketenagalistrikan, komponen PLTS terpusat, perencanaan dan persiapan pembangunan dan pemasangan PLTS, serta pelaksanaan pembangunan dan pemasangan PLTS.

Baca juga : Kementerian BUMN Pastikan Keandalan Listrik KTT ASEAN

Peserta juga dibekali dengan praktik agar dapat secara langsung melakukan pemasangan PLTS sehingga melengkapi pemahaman dan kompetensi yang akan didapatkan selama pelatihan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.