Dark/Light Mode

Relawan Siaga Ikrar Kemanusiaan Perkuat Persatuan Bangsa

Senin, 17 April 2023 21:45 WIB
Relawan Siaga menggelar Dialog dan Ikrar Kemanusiaan di Kantor DPP Relawan Siaga, Jalan Lenteng Agung Nomor 18, Senin (17/4). (Foto: Istimewa)
Relawan Siaga menggelar Dialog dan Ikrar Kemanusiaan di Kantor DPP Relawan Siaga, Jalan Lenteng Agung Nomor 18, Senin (17/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Siaga menggelar Dialog dan Ikrar Kemanusiaan di Kantor DPP Relawan Siaga, Jalan Lenteng Agung Nomor 18, Senin (17/4). Hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Prof. Dr. Mutia Farida Hatta, Letjen TNI (Purn) Agus Sutomo dalam acara ini.

Hadir pula pengurus DPP Relawan Siaga, para tokoh pemuda dari berbagai organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) tingkat nasional, dan anggota Relawan Siaga dari wilayah se-Jabodetabek.

Sandiaga Uno, yang juga Ketua Dewan Pengawas DPP Relawan Siaga, mengatakan, selain bencana alam, kita juga menghadapi bencana perpecahan. Perpecahan yang terjadi tidak hanya dalam ruang media sosial, tetapi juga dalam kehidupan nyata.

Baca juga : Atur Pemidanaan Penyimpang Data

"Kita harus menjaga nilai-nilai kemanusiaan dan persatuan," pesan Sandiaga.

Giat Dialog dan Ikrar Kemanusiaan tersebut dilatarbelakangi oleh terjadinya fenomena sosial di masyarakat yang menjurus kepada perpecahan antar anak bangsa.

Fenomena ini sekaligus mendegradasi nilai-nilai kemanusiaan dan persatuan Indonesia, yaitu satu kelompok melabelkan nama-nama binatang kepada kelompok lainnya yang berbeda pandangan.

Baca juga : Rayakan Perceraian Dengan Keliling Kota

Karenanya, Letjen TNI (Purn) Agus Sutomo, Ketua Umum DPP Relawan Siaga, menyampaikan, untuk membangun sebuah bangsa itu, harus ada persatuan hati, saling-menghormati, dan menjauhkan dari sifat egoistis.

"Budaya kita adalah budaya gotong royong, santun, dan saling menunjang," kata Letjen TNI (Purn) Agus Sutomo.

Fenomena tersebut secara dominan terjadi di ruang-ruang publik digital. Tetapi kondisi dan situasi itu menjadi ancaman bagi persatuan bangsa ini apabila tetap dibiarkan.

Baca juga : Redesain Program, TEKAD Perkuat Kolaborasi Pemangku Kepentingan

Sementara, pada dialog dan ikrar kemanusiaan itu juga, semua yang hadir membacakan dan menandatangani Ikrar Kemanusiaan yang berbunyi:

Demi Persatuan Indonesia, kami Pemuda Indonesia berikrar: Dalam situasi dan kondisi apapun, akan menjunjung tinggi harkat dan martabat semua anak bangsa, sebagai manusia mulia yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa, untuk tidak saling merendahkan, melecehkan, mengolok-olok, dan menghinakan dengan tidak memanggil sesama anak bangsa menggunakan nama atau sebutan yang tidak beradab dan jauh dari nilai-nilai kemanusiaan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.