Dark/Light Mode

Survei Indikator: 83 Persen Pemudik Puas Dengan Pelayanan Polisi Jaga Rumah Selama Mudik

Minggu, 14 Mei 2023 21:06 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis survei sikap terhadap pelayanan kepolisian untuk menjaga rumah dan kendaraan bermotor yang ditinggalkan mudik.

Hasilnya, 83,3 persen masyarakat puas dengan pelayanan polisi dalam menjaga rumah atau kendaraan bermotor yang ditinggalkan saat mudik.

Mulanya, responden diberi pertanyaan 'Apakah Ibu/Bapak tahu atau pernah dengar tentang pelayanan Kepolisian untuk menjaga rumah atau kendaraan bermotor yang ditinggalkan mudik?'. Hasilnya, sebanyak 70,3 persen warga yang mengaku tidak tahu pelayanan tersebut.

"Yang tahu masih sedikit, artinya ini masukan untuk pihak kepolisian, tahun depan sosialisasinya harus lebih masif, karena hanya 29,3 persen yang tahu, di kalangan pemudik tingkat awareness di kebijakan ini pelayanan ini lebih tinggi, tapi over all sepertiga ya baru tahu," kata peneliti utama dari Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam konferensi pers secara virtual, Minggu (14/5).

Sementara warga yang mudik, hanya 36,3 persen yang tahu. Sedangkan 63,7 persen, tidak tahu.

Baca juga : Survei Indikator: Masyarakat Akui Kinerja Polisi Bantu Kelancaran Mudik

Responden lalu diberi pertanyaan 'Apakah Ibu/Bapak setuju atau tidak setuju Kepolisian memberikan layanan untuk menjaga rumah atau kendaraan bermotor yang ditinggalkan mudik?'.

Hasilnya, 84,7 persen warga yang melakukan mudik menyebut setuju.

Berikutnya, responden diberikan pertanyaan apakah puas dengan pelayanan polisi untuk menjaga rumah dan kendaraan bermotor yang ditinggalkan mudik. Hasilnya, 83,3 persen masyarakat disebut puas dengan pelayanan polisi.

Kemudian, responden diberi pertanyaan 'Jika Lebaran kemarin Ibu/Bapak mudik ke kampung halaman, apakah Ibu/Bapak mendapat pelayanan dari Kepolisian untuk menjaga rumah atau kendaraan bermotor ketika ditinggalkan mudik?'.

Yang menjawab ya ada 14,6 persen, yang menjawab tidak 83,8 persen, dan ada 1,7 persen yang tidak tahu/tidak menjawab. Pertanyaan berikutnya 'Jika ya, apakah Ibu/Bapak puas atau kurang/tidak puas dengan pelayanan tersebut?'.

Baca juga : Buka Diklat Kaderisasi Pemuda Pancasila, Bamsoet: Jangan Pecah Karena Pilpres

Hasilnya 83,3 persen menjawab puas, 6,8 persen menjawab kurang/tidak puas, dan 9,9 persen tidak tahu/tidak menjawab.

Kemudian, Indikator Politik Indonesia juga merilis survei evaluasi terhadap kinerja polisi lalu lintas selama arus mudik/balik Lebaran 2023.

Hasilnya, warga menilai polisi lalu lintas yang bertugas selama arus mudik/balik ramah 77,3 persen, kemudian komunikatif 72,5 persen, dan membantu 83,2 persen. Evaluasi yang lebih positif diberikan oleh kelompok pemudik.

"Khusus yang mudik, evaluasi terhadap keramahan polisi lebih tinggi lagi, meskipun masih ada 8,2 persen responden yang mengaku polisi kita kurang ramah," beber Burhanuddin.

Survei ini digelar pada 30 April-6 Mei 2023 terhadap 1.218 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Baca juga : Survei Indikator: Warga DKI Jagokan Ridwan Kamil Sebagai Cawapres

Survei dilakukan melalui telepon oleh pewawancara yang dilatih. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode random digit dialing (RDD).

RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Adapun margin of error survei +/- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.