Dark/Light Mode

Survei Indikator: Kalau Pilpres Digelar Hari Ini, Pemenangnya Ganjar-Erick

Minggu, 30 April 2023 16:31 WIB
Ganjar Pranowo (kiri) dan Erick Thohir (Foto: Istimewa)
Ganjar Pranowo (kiri) dan Erick Thohir (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis pada Minggu (30/4), mengukuhkan pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir sebagai pemenang Pilpres, bila event demokrasi lima tahunan itu digelar pada hari ini. 

Dalam simulasi 3 nama capres, Ganjar-Erick meraih elektabilitas tertinggi dengan angka 35,8 persen. Disusul Prabowo-Khofifah Indar Parawansa 30,5 persen dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 24,5 persen. 

 

Baca juga : LSI Denny JA Bakal Gunakan AI Di Pilpres 2024, Ini Kelebihannya

 

Survei Indikator bertajuk Korelasi Antara Approval Rating Presiden dan Dukungan Terhadap Calon Presiden dan Partaoli Politik Jelang 2024 ini, dijalankan dalam periode 11-17 April 2023.

Populasi dalam survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Baca juga : Basis NU Jadi Incaran Para Capres, Qodari Ungkap Peluang Duet Ganjar-Maruf Amin

Penarikan sampel sebanyak 1.220 orang, dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling. Sampel berasal dari seluruh provinsi, yang terdistribusi secara proporsional.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.220 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Baca juga : Hasil Survei PRC Dan Indikator, Pengamat: Tanda Ganjar Gagal Rebound

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random, sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor, dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control, tidak ditemukan kesalahan berarti. ■

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.