Dark/Light Mode

Bermanfaat Buat Masyarakat, BNPT Gencarkan Deradikalisasi

Jumat, 19 Mei 2023 20:34 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus menggencarkan program deradikalisasi untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sehingga, masyarakat tidak mudah terpengaruh dan kembali kepada kelompok-kelompok berideologi kekerasan.

Untuk meningkatkan program deradikalisasi, BNPT akan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menciptakan site plan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) Turen seluas 15 hektar agar dapat memberikan manfaat optimal bagi mitra deradikalisasi dan masyarakat.

Baca juga : Dosen FEB UMB Edukasi Masyarakat Terkait UMKM Digital

"Kita akan kelola dengan cara yang lebih tertata, menyusun site plan di sini sesuai keinginan dan kemampuan masing-masing agar bisa dikerjakan dan membawa manfaat,” ujar Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel, saat mendatangi mitra deradikalisasi di Kecamatan Turen dan Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, seperti keterangan yang diterima RM.id, Jumat (19/5).

Lulusan terbaik Akpol 88 ini juga berpendapat, jika pelibatan masyarakat di dalam KTN Turen dapat mendorong percepatan integrasi sosial sekaligus membuka sekat-sekat eksklusif yang terjadi di tengah masyarakat.

Dirinya menambahkan, BNPT akan terus menjalin silaturahmi, berdialog dan menyerap aspirasi mitra deradikalisasi dan masyarakat agar program pembinaan dapat membawa manfaat.

Baca juga : Survei Indikator: Masyarakat Akui Kinerja Polisi Bantu Kelancaran Mudik

"Kita juga akan membantu mitra deradikalisasi yang berwiraswasta mengembangkan usahanya agar dikenal dan dipasarkan lebih luas melalui e-commerce," tuturnya.

Rycko juga mengapresiasi antusiasme mitra deradikalisasi yang memiliki semangat untuk bangkit menjadi pribadi yang lebih baik serta memiliki solidaritas yang tinggi untuk membantu sesama mitra.

Dia pun berpesan agar tiap usaha yang mereka kerjakan membawa manfaat bagi masyarakat.

Baca juga : KCIC Ajak Masyarakat Jaga Kelancaran Uji Coba Kereta Cepat

“Selain meningkatkan kesejahteraan dan persaudaraan, masyarakat juga harus mendapat manfaat,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.