Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Empat Bulan Lagi Kelar

Gubernur Jabar Ucapkan Terima Kasih Kepada ASN

Jumat, 28 April 2023 07:35 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil. (Foto: Facebook)
Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil berpamitan dengan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar. Ia berharap, Pejabat (Pj) Gubernur Jabar bisa meneruskan program positif yang telah berjalan selama masa kepemimpinannya.

“Kami pamit karena waktu kerja kami tinggal empat bulan lagi, sebagai gubernur wakil gubernur Periode 2018-2023. Banyak pencapaian, kekurangan tentu masih ada, tapi Insya Allah setiap hari setiap waktu akan lebih baik lagi,” ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dalam apel pagi di Gedung Sate, Bandung, Jabar, Rabu (26/4).

Setelah pamit kepada warga Jawa Barat beberapa waktu yang lalu, kini Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kembali menyampaikan pesan undur diri kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Jabar dalam apel pagi di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (26/4).

Lebih lanjut, ia berharap, so­sok Pj Gubernur Jabar definitif bisa meneruskan program positif yang telah berjalan se­lama masa kepemimpinannya. Terlebih, Pemprov Jabar mem­peroleh sebanyak 510 penghargaan di masa periode kepemimpinannya.

Baca juga : Gubernur Jabar Puji Sistem Birokrasi Pemda Sumedang

“Pencapaian ada 510 penghargaan, karena kita membangun super team bukan superman. Jadi, kerja mereka saya apresiasi. Saya titip kepada siapapun yang menggantikan baik Pj maupun definitif, di tahun depan keberhasilan 510 penghargaan ini harus dipertahankan, Jangan balik kanan, tetap harus maju ke depan,” harap dia.

Dalam kesempatan tersebut, Politisi Partai Golkar ini juga mengingatkan para ASN agar menjaga perilaku sebagai abdi negara. Ia meminta para pegawai tidak besikap pamer atau ber­gaya hidup mewah.

“Saya menyemangati mengin­gatkan integritas, mengingatkan jangan flexing-flexing ya, seka­rang hal-hal seperti itu sering memberi citra kurang baik,” cetus dia.

Ia pun memastikan, pelayanan masyarakat di seluruh unit kerja Pemprov Jabar sudah berjalan pascalibur lebaran.

Baca juga : Prabowo Mau Lebaran Ke Rumahnya, Menko Muhadjir Ucapkan Terima Kasih

“Inihari pertama kerja, semua unitsudah diperintahkan untuk full 100 persen memberikan layanan masyarakat, walaupun masyarakat masih mudik, mudik baliknya sampai hari Minggu atau hari Senin,” jelasnya.

Ogah Jadi Cawapres Ganjar

Usai acara, Emil mengatakan, dirinya tak bersemangat soal urusan Calon Wakil Presiden (Cawapres). Sebab, Partai Golkar sudah final mencalonkan Airlangga Hartarto sebagai bakal Calon Presiden (Capres).

Sebagai kader Partai Golkar, lanjut dia, dirinya tetap mengi­kuti keputusan partai yang telah memutuskan mengusung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai Capres.

Baca juga : Telkom Pastikan Layanan dan Jaringan Tetap Prima Saat Mudik Lebaran

“Saya sudah sampaikan kalau urusan namanya nasional, saya ini sudah jadi anggota Partai Golkar. Maka saya fatsun menghormati yang sudah diputuskan Partai Golkar, yaitu Pak Airlangga. Itu saja,” ujarnya.

Namun begitu, ia mengapre­siasi berbagai survei yang menempatkan dirinya pada jajaran posisi atas nama capres dan cawapres untuk pilpres 2024. Menurut dia, hal tersebut tidak bisa dihindari karena dampak positif dari kinerjanya memimpin Jawa Barat.

“Bahwa sering masuk ke sur­vei kan saya tidak bisa menghin­dari ya, itu mah siapapun boleh. Yang penting yang terbaik aja. Tapi per hari ini, saya ikut keputusan dari Partai Golkar,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.