Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hanura All Out Berikan Dukungan

OSO: Ganjar Yang Paling Menjanjikan

Kamis, 27 April 2023 08:17 WIB
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta (OSO) saat mendeklarasikan dukungan Hanura terhadap Ganjar Pranowo sebagai capres, di kediamannya, kawasan Kuningan, Jakarta, Sabtu (22/4). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta (OSO) saat mendeklarasikan dukungan Hanura terhadap Ganjar Pranowo sebagai capres, di kediamannya, kawasan Kuningan, Jakarta, Sabtu (22/4). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Usai ditetapkan sebagai capres oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dukungan untuk Ganjar Pranowo pun terus mengalir. Salah satunya dari Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta alias OSO.

OSO full mendukung Ganjar sebagai capres. Alasannya, ada kemiripan antara sosok Gubernur Jawa Tengah itu dengan Presiden Jokowi. Salah satunya, sikap nasionalis.

"Dia paling menjanjikan karena nasionalis. Kita kan tidak mau seperti Suriah, Afghanistan, Irak," ucap OSO.

Mantan Ketua DPD RI ini menganggap, peluang Ganjar memenangkan Pilpres 2024 luar biasa besar. Terlebih, Ganjar telah mendapatkan dukungan dari Jokowi, yang notabene orang nomor satu di Indonesia.

Baca juga : PDIP Senang PPP Sehati Dukung Ganjar, Kedua Parpol Segera Ketemuan

OSO yakin, Jokowi tak mungkin meleset dalam menentukan pilihan. Apalagi Ganjar dirasa dapat meneruskan yang telah dibangun Jokowi selama dua periode memimpin Indonesia. Sehingga, Jokowi tenang, program-programnya dilanjutkan Ganjar.

Jauh sebelum Mega mendeklarasikan Ganjar sebagai capres, OSO sebenarnya sudah memberikan sinyal. Namun, dirinya baru akan bicara soal capres setelah melihat Jokowi rekomendasi Ganjar. Langkah Jokowi hadir di Istana Batu Tulis saat Mega mengumumkan Ganjar sebagai capres, Jumat (21/4), adalah yang ditunggu OSO selama ini.

Meski secara resmi telah mendeklarasikan Ganjar sebagai capres pada Pilpres 2024, OSO tidak mau bicara apakah langkah ini menandakan Hanura bakal berkoalisi dengan PDIP. Dukungan Hanura kepada Ganjar tidak harus diartikan koalisi.

Alasannya, PDIP sudah memenuhi syarat mengusung capres tanpa harus menggandeng mitra koalisi. "Kita jangan bicara koalisi dulu. Karena apa? Dia (PDIP) tanpa koalisi bisa maju sendiri. Yang jelas partai kita sudah mendukung, secara mekanisme sudah menjadi satu dengan mereka," ujar OSO.

Baca juga : Deklarasi Dukung Ganjar Nyapres, PPP Sudah Komunikasi Dengan KIB

Eks Wakil Ketua MPR itu memastikan, seluruh kader Hanura bakal menyosialisasikan Ganjar ke akar rumput, setelah deklarasi diputuskan. Ia membantah ketika disinggung apakah dukungan yang diberikan karena adanya instruksi dari pihak tertentu. "Saya tidak bisa diarah-arahkan," tegasnya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto senang dengan dukungan Hanura ke Ganjar. Menurutnya, PDIP akan menjalin komunikasi dengan Hanura ke depannya.

Awalnya, Hasto mengatakan sudah ada beberapa partai politik yang ingin menjalin kerja sama politik atau koalisi. Kendati begitu, ia masih merahasiakan partai mana yang dimaksud tersebut.

"Ya ada, cuma kita nggak bisa menyebutkan. Tadi kan pertimbangan-pertimbangan aspek ideologis, aspek historis, kesamaan platform dan juga bertanggung jawab bagi masa depan," kata Hasto.

Baca juga : Ganjaran Buruh Berjuang Perluas Dukungan Untuk Ganjar Sampai Ke Malaysia

Hasto mengatakan, PDIP memberikan ruang kepada partai politik yang akan menjalin kerja sama dengan pihaknya. "Karena bekerja sama dengan PDIP itu enak, kami memberi ruang bagi partai untuk melakukan komunikasi politik dan kemudian deklarasi," tuturnya.

Ia mencontohkan bagaimana Partai Hanura yang ikut mendukung Ganjar sebagai bakal capres. Menurutnya, PDIP akan berkomunkasi dengan Hanura.

"Contohnya partai sekarang Hanura, kemudian memberikan suatu dukungan, setelah memberi dukungan kami juga komunikasi dengan pimpinan dari Hanura," pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.