Dark/Light Mode

Top, Plt Walkot Bekasi Dinobatkan Jadi Pembina Teknologi Desa Dari Kemendes

Rabu, 7 Juni 2023 19:04 WIB
Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto (kanan) menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Pembina Pengembangan Teknologi Tepat Guna Desa Nusantara XXIV Tahun 2023, Rabu (6/7)
Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto (kanan) menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Pembina Pengembangan Teknologi Tepat Guna Desa Nusantara XXIV Tahun 2023, Rabu (6/7)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memberikan penghargaan kepada para inovator dan Pembina Pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) serta untuk Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto. Pria yang disapa mas Tri ini dinobatkan sebagai pembina dalam Pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten/Kota se- Indonesia.

Tak hanya itu, Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) di Kota Bekasi juga berhasil meraih Juara III Kategori Posyantek Berprestasi dengan mendapat uang pembinaan sebesar 10.000.000, atas program unggulannya bertajuk Pemberdayaan Ekonomi dan Spesialisasi Pengolahan Sampah Mandiri.

Baca juga : Tok! Joko Suranto Ditetapkan Jadi Calon Tunggal Ketum REI

Dalam sambutannya, Tri mengucapkan terima kasih. Ia berharap penghargaan ini menjadi momentum untuk dapat mempertahankan, meningkatkan, dan mengembangkan teknologi-teknologi yang dapat dirasakan dan dimanfaatkan oleh warga.

“Semoga penghargaan ini memberikan motivasi dalam peningkatan kinerja melalui pemanfaatan sumber daya alam dan barang-barang yang sudah tidak terpakai yang ada di sekitar untuk dijadikan produk atau barang yang bernilai ekonomis. Sehingga pertumbuhan ekonomi dapat meningkat, serta dapat melahirkan Posyantek-Posyantek baru lainnya di Kota Bekasi,” ujar Tri di Acara Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV Tahun 2023 yang berlangsung di Lapangan PKOR Wayhalim, Bandar Lampung (7/6).

Sementara Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim menyampaikan, bahwa para Kepala Desa/Lurah diharapkan dapat memanfaatkan TTG dalam pengelolaan potensi sumber daya alam yang cukup melimpah dengan baik di masing-masing wilayah. Begitu juga peran serta aktif dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam membina dan mendukung jalannya proses produksi TTG.

Baca juga : Mendes PDTT: Inovasi Berkelanjutan Dalam Logo Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara

“Fungsi Posyantek tidak hanya sebagai sumber informasi dan promosi terkait TTG, melainkan juga diarahkan untuk mampu menjembatani masyarakat pengguna teknologi dengan sumber TTG. TTG juga tidaklah selalu harus alat atau mesin, melainkan juga dapat berupa teknologi proses atau produk yang dapat menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan,” ucap Menteri.

Penghargaan bagi kepada daerah ini kata Mendes merupakan sebuah bentuk dukungan dan apresiasi dari Pemerintah dalam mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa melalui berbagai temuan yang berbasis kearifan lokal sekaligus untuk memamerkan beragam hasil Teknologi Tepat Guna (TTG) dari para inovator. 

“Dukungan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas, kuantitas, dan mengenalkan kepada khalayak luas akan hasil produksi TTG di berbagai wilayah,” pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.