Dark/Light Mode

Menteri Arifin Tasrif Terima Penghargaan Anugerah Konservasi Energi

Kamis, 8 Juni 2023 16:29 WIB
Menteri ESDM Arifin Tasrif (kanan) saat menerima penghargaan dari Rektor Unnes Prof. S. Martono pada acara Dies Natalis ke-58 Unnes di Auditorium Unnes, Kamis (8/6). (Foto: Dok Kementerian ESDM)
Menteri ESDM Arifin Tasrif (kanan) saat menerima penghargaan dari Rektor Unnes Prof. S. Martono pada acara Dies Natalis ke-58 Unnes di Auditorium Unnes, Kamis (8/6). (Foto: Dok Kementerian ESDM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menerima penghargaan Anugerah Konservasi "Upakarti Dharma Karya Reksa Mandala" dari Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Penyerahan penghargaan tersebut diberikan oleh Rektor Unnes Prof. S. Martono pada acara Dies Natalis ke-58 Unnes di Auditorium Unnes, Kamis (8/6).

"Anugerah Konservasi adalah bentuk apresiasi kepada tokoh atau organisasi yang dinilai memiliki jasa menerapkan nilai-nilai konservasi di berbagai bidang, khususnya energi," jelas Martono.

Baca juga : Mona Ratuliu, Biasakan Anak Konsumsi Makanan Sehat

Martono menyebut bahwa Menteri Arifin dinilai berjasa dalam penerepan nilai konservasi di dalam tata kelola dan kebijakan energi di Indonesia.

Selain itu, menurutnya Menteri Arifin juga memiliki semangat yang tinggi untuk mendorong konversi menuju energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Menteri Arifin juga dianggap menjadi sosok kunci di balik keberhasilan Indonesia dalam menyusun peta jalan menuju Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

Baca juga : Menko Luhut Terima Penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang Dari Presiden Singapura

Peta jalan ini akan menjadi panduan dalam pengelolaan supply dan demand untuk memanfaatkan energi yang lebih hijau dan upaya mengurangi emisi karbon.

Kemudian Ia juga menjadi pelopor inovasi melalui Program Energi Kolaborasi. Program penting yang menjadi jembatan kepedulian anak muda terhadap sektor energi di masa mendatang.

Dengan menyediakan platform diskusi energi di kalangan generasi muda, Menteri Arifin menyelenggarakan kompetisi Energy Challenge untuk melahirkan inovasi dalam pengembangan energi masa depan.

Baca juga : Teruskan Pembangunan, Tolak Politisasi Identitas

Sebagai informasi, Anugerah Konservasi juga diberikan kepada Pandawara Group, yang berisikan lima anak muda asal Bandung Jawa Barat yang bisa menjadi sumber inspirasi bagi orang banyak untuk melestarikan lingkungan melalui gerakan membersihkan sungai-sungai. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.