Dark/Light Mode

Pemerintah Urus Sampah Plastik Sampai Ke Laut

Minggu, 11 Juni 2023 07:45 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nur­baya ikut melakukan aksi bersih-bersih sampah, kemarin. (Foto: Ist)
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nur­baya ikut melakukan aksi bersih-bersih sampah, kemarin. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Urusan sampah benar-benar menjadi perhatian Pemerintah. Nggak cuma yang darat tapi juga yang di laut.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nur­baya menuturkan, persoalan sampah plastik di darat dan laut sama pentingnya untuk disele­saikan. Peringatan Hari Ling­kungan Hidup Sedunia, kemarin menjadi momentum yang tepat untuk itu.

Politisi Partai NasDem ini memimpin langsung aksi bersih-bersih sampah plastik di ka­wasan pantai Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Dia meya­kini, sampah di lautan sebagian besar berasal dari darat.

“Hampir di seluruh belahan dunia, sampah plastik laut itu berasal dari darat. Sebetulnya, faktanya bukan hanya di Indone­sia, tapi di seluruh dunia, polusi sampah plastik yang ada di laut itu berasal dari darat,” ujarnya, dalam keterangan pers aksi bersih-bersih sampah, kemarin.

Baca juga : Firli Resmi Sampai 2024

Siti mengatakan, bersih-bersih ini sengaja dilakukan bertepatan dengan puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia 2023.

Pihaknya ingin, peringatan ini menjadi kesadaran semua pihak untuk menjaga kebersihan lingkungan. Terutama peduli terhadap kebersihan laut.

“Ini salah satu upaya dari Pemerintah untuk memerangi meningkatnya volume sampah plastik di kawasan pesisir pan­tai,” bebernya.

Aksi bersih-bersih pantai dari sampah plastik itu, dilakukan serentak di sepanjang garis pantai yang totalnya mencapai hingga 10.000 meter.

Baca juga : Nikita Willy, Ribut Sama Suami Karena Pancake

“Di hari lingkungan hidup sedunia tahun ini, secara interna­sional ditetapkan tema pengen­dalian polusi sampah plastik,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, dia menjelaskan bahwa pada tahun 2017, telah beredar Peraturan Presiden tentang kebijakan strategis terkait Persampahan Strategi Nasional.

Saat ini, sudah hampir seluruh provinsi di Indonesia memiliki kebijakan strategis daerah. Mu­lai tahun lalu dan sudah dirintis 3 tahun sebelumnya, pihaknya sudah punya data base tentang sampah.

“Dari online data sampah ber­bagai daerah itu masuk, paling tidak, kita tahu perputaran sam­pah di daerah itu seperti apa,” ulas Siti.

Baca juga : Kolaborasi Super Indo dan Wahu, Jadikan Sampah Plastik Menjadi Uang Elektronik

Kemajuan dari data base terse­but, terdapat teknik-teknik. Baik sampah untuk pelet pengganti batu bara, toko atau co-firing, juga sampah yang plastiknya dipilih untuk didaur ulang dan sebagainya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.