Dark/Light Mode

Disahkan Kemendes PDTT, GTTGN 2024 Bakal Digelar Di NTB

Minggu, 11 Juni 2023 12:34 WIB
Foto: Humas Kemendes PDTT.
Foto: Humas Kemendes PDTT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) dalam Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXIV menetapkan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai tuan rumah GTTGN XXV tahun 2024.

Rakornis dipimpin langsung Sekretaris Badan Pengembangan dan Informasi (BPI) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Fince Decima Hasibuan, bersama Kepala Pusat Daya Saing Kemendes PDTT, Helmiati Nuhung.

Fince Decima menyatakan, terpilihnya NTB mengalahkan daerah lain yaitu, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

"Pembicaraan informal dan surat resmi telah disampaikan. Inilah yang dibicarakan para Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) seindonesia," kata Fince.

Baca juga : Kereta Cepat Bakal Melesat Sesuai Jadwal

Sementara, Helmiati bilang, Rakornis akhirnya memutuskan NTB sebagai tuan rumah Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXV, yang bakal digelar pada 7 Juni 2024.

"Acara GTTGN akan diselenggarakan di tempat terbuka sehingga mampu menggaet minat masyarakat untuk datang, mempelajari teknologi, hingga membelinya untuk diterapkan di desanya," jelas Helmiati.

Setelah keputusan Rakornis, selanjutnya dilakukan upacara penyerahan pataka GTTGN dalam acara penutupan.

Asisten Bidang Administrasi Umum Provinsi Lampung Senen Mustakim mengembalikan pataka kepada Kepala BPI Kemendes PDTT Ivanovich Agusta.

Baca juga : Kemendes PDTT Genjot Pengembangan Smart Village Di Lampung

Selanjutnya, Ivanovich menyerahkan pataka kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Nusa Tenggara Barat Ahmad Nur Aulia.

Penyerahan pataka dari Kemendes PDTT kepada wakil Nusa Tenggara Barat menandai keputusan tuan rumah Gelar TTG Nusantara XXV.

Ivanovich menuturkan, kegiatan sebesar GTTGN memberikan manfaat besar bagi pemda penyelenggara. Transaksi di dalam pameran teknologi tepat guna di Lampung ini tembus Rp 2,1 miliar dalam 4 hari.

Selama seminggu acara digelar, telah hadir 11 ribuan tamu dari daerah, yang menyesaki kamar-kamar hotel, menyapu rental mobil, naik feri dan tambahan penerbangan pesawat, memberi cindera mata, hingga tiap hari mengonsumsi makanan khas Lampung.

Baca juga : Gelar TTGN, Kemendes PDTT Siap Kawal Inovator Desa Dapatkan HAKI

Menurut Ivanovich, itulah yang akan terjadi pula di Nusa Tenggara Barat. Ada Kawasan yang sangat indah seperti Senggigi dan Gili Trawangan.

Juga sirkuit Mandalika yang menarik ditengok. Ayam Taliwang bercita rasa lokal, hingga kendaraan khas cidomo.

“Saya yakin, tahun depan Gelar TTG Nusantara XXV di Nusa Tenggara Barat lebih meriah, sehingga menggerakkan ekonomi lokal," jelasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.