Dark/Light Mode

Pekan Literasi Digital: Semakin Cakap Di Media Sosial

Jumat, 16 Juni 2023 12:42 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Transformasi digital menjadi fenomena yang tidak dapat dibendung. Bahkan, saat ini seluruh sendi kehidupan masyarakat tak dapat lepas dari paparan teknologi digital.

Karena itu untuk meningkatkan partisipasi digital masyarakat, mendorong pengembangan ilmu pengetahuan masyarakat di bidang TIK dan digital serta mendorong tingkat kecakapan transformasi digital dalam pemanfaatan teknologi baru.

Kementerian Kominfo dan GNLD Siberkreasi, berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Makassar, menyelenggarakan Pekan Literasi Digital.

Fokus utama kegiatan ini, adalah keamanan dan etika di dunia digital, yang dikemas dalam dialog interaktif “Obral Obrol Literasi Digital".

Baca juga : OJK Tingkatkan Literasi Dan Inklusi Keuangan Di Daerah 3T

Dalam ajang diskusi ini, Dr. Jusman selaku Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Kota Makassar menyampaikan bahwa kasus atau masalah di dunia maya terus meningkat.

"Yang sering terjadi di dunia maya, antara lain kejahatan siber, penyebaran informasi palsu, cyber bullying, privasi dan keamanan digital, ketidaksetaraan digital, dan pelecehan di dunia digital," ungkapnya.

Di era digital, etika juga harus di jaga agar tidak menimbulkan kerugian terhadap pihak lain. Hal ini diungkapkan Devie Rahmawati, selaku Pegiat Literasi Digital Vokasi Universitas Indonesia, menegaskan agar masyarakat berkarya dengan beretika di dunia digital.

“Jejak digital akan terus ada hingga kapanpun. Jadi ketiaka kita tidak lagi ada di dunia, kita ingin dikenang seperti apa? Etika adalah jangan lakukan hal yang tidak mau orang lakukan terhadap kita," ujar Devie.

Baca juga : Dukungan Jokowi Terlihat Saat Bobby Mesra Dengan Ganjar Di Medan

Hal senada juga disampakan Rijal Djamal, selaku Content Creator dan CEO Bedebaik. Menurutnya, ketika era sudah berubah, maka pola pikir juga harus menyesuaikan terutama di era digital.

“Maka tangkap peluangnya, tangkap ruangnya, meski ada sisi negatif dan positif," ujar penghobi puisi ini.

Selain talk show, Pekan Literasi Digital di Makassar juga menghadirkan 3 kelas pengembangan skill Literasi Digital, di antaranya kelas UMKM yang mengangkat topik “Jaga Keamanan di Dunia Online” yang diisi oleh Edho Zell Wakil ketua Siberkreasi dan Social Brand Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Edho menyampaikan trik meningkatkan omset penjualan dengan memanfaatkan berbagai platform digital, salah satunya dengan menghindari penipuan.

Baca juga : Cakap Digital, Training Guru Dan Tenaga Pendidik Digelar Di Denpasar

"Baik pembeli maupun penjual juga rentan mengalami penipuan saat jual-beli online," ujar Edho.

Ia juga menambahkan, konsisten dalam membuat konten juga dapat memicu peningkatan omset di toko online.

Acara yang dihadiri anak-anak muda Makassar ini semakin menarik, dengan adanya kelas podcast yang diampu Tio prasetyo Utomo dari Box to Box, dan kelas public speaking yang disampakan Mira Sahid, selaku Public Speaker founder Emak Blogger.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.