Dark/Light Mode

OJK Tingkatkan Literasi Dan Inklusi Keuangan Di Daerah 3T

Selasa, 13 Juni 2023 13:45 WIB
Program edukasi keuangan OJK di Ternate. (Foto: Ist)
Program edukasi keuangan OJK di Ternate. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar program edukasi keuangan di Ternate dan Morotai Provinsi Maluku Utara pada 6-9 Juni. Hal tersebut sebagai langkah OJK untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat khususnya di daerah 3 T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal).

Maluku Utara dipilih sebagai lokasi kegiatan karena berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Tahun 2022, tingkat literasi keuangan masyarakatnya masih berada di bawah rata-rata tingkat literasi keuangan nasional yaitu 49,35 persen, di mana secara nasional mencapai 49,68 persen.

Rangkaian kegiatan edukasi tersebut meliputi Training of Trainers (ToT) bagi Guru SD/MI di Kota Ternate, Program Desaku Cakap Keuangan di Kabupaten Pulau Morotai, dan Edukasi Keuangan bagi Masyarakat 3T di Kabupaten Pulau Morotai.  

Materi yang disampaikan pada kegiatan ToT tersebut meliputi peningkatan pemahaman terkait produk dan layanan jasa keuangan seperti perbankan, pembiayaan, pasar modal, dana pensiun, perasuransian, keuangan syariah, pergadaian, pengenalan OJK dan waspada investasi serta pinjol ilegal.

Baca juga : Hari Jadi Kabupaten Ciamis: Kang Emil Apresiasi Kemajuan Di Bidang Pertanian

Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BP2TSP) yang mewakili Wali Kota Ternate, Bahtiar Teng mengatakan, Pemerintah Kota Ternate menyampaikan apresiasinya kepada OJK terkait penyelenggaraan rangkaian kegiatan edukasi keuangan di Maluku Utara. Serta menekankan pentingnya pengetahuan seputar sektor jasa keuangan bagi seluruh masyarakat.

"Terutama para guru agar dapat lebih paham dan mengerti kehadiran industri jasa keuangan serta tugas dan fungsi dari OJK," ucapnya dalam keterangan resmi, Selasa (13/6).

Sementara itu, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK Horas VM Tarihoran berharap, kegiatan ToT edukasi keuangan kepada guru bisa mempercepat proses edukasi keuangan masyarakat, mengingat guru merupakan role model sehingga bisa menyebarkan ilmu yang didapatnya kepada siswa didik atau kepada masyarakat di sekitarnya.

Selain kegiatan di Kota Ternate, OJK juga menyelenggarakan program Desaku Cakap Keuangan dan Kegiatan Edukasi Keuangan bagi masyarakat di Kabupaten Pulau Morotai.

Baca juga : Ganjar Milenial Adakan Kegiatan Bersih Kampung Dan Tanam Pohon Di Penajam Paser Utara

Sekretariat Daerah Kabupaten Pulau Morotai F Revi Dara menuturkan, kegiatan literasi keuangan yang dikemas dalam kegiatan Desaku Cakap Keuangan itu menjadi sangat penting. Mengingat akhir-akhir ini semakin banyak penyedia jasa keuangan baik dalam bentuk pinjaman online maupun offline yang beroperasi di Indonesia. 

Untuk itu, kehadiran OJK dapat menambah wawasan serta membekali Perangkat Desa terhadap lembaga, produk, maupun jasa dan syariah keuangan konvensional melalui program Desaku Cakap Keuangan, yang harapannya, edukasi ini dilanjutkan oleh perangkat desa kepada masyarakat melalui Training of Community.

Program Desaku Cakap Keuangan bertujuan untuk memberdayakan perangkat desa melalui peningkatan pemahaman terkait produk dan layanan jasa keuangan, perencanaan keuangan, dan materi waspada investasi serta pinjol ilegal. 

"Dengan demikian, perangkat desa dapat membuat keputusan berdasarkan informasi yang dapat berdampak positif terhadap kesejahteraan finansial masyarakat," katanya.

Baca juga : Link Nonton Dan Download Film Culpa Mia Legal, Jangan Di LK21 Dan IndoXXI Ya

Program tersebut membantu perangkat desa untuk memberdayakan tata pemerintahan lokal, mendorong inklusi keuangan, dan meningkatkan ketahanan masyarakat. Dengan pembekalan perencanaan keuangan, perangkat desa dapat mendidik masyarakat terkait dana darurat, perlindungan asuransi, bahkan investasi.

Rangkaian Kegiatan Edukasi Keuangan di Provinsi Maluku Utara ditutup dengan pelaksanaan Kegiatan Edukasi Keuangan bagi Masyarakat di Kabupaten Pulau Morotai yang dilaksanakan di Gedung Morotai Islamic Center. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.