Dark/Light Mode

Sabet Penghargaan IGA 2023

BNPT Ingatkan Humas Kudu Mampu Isi Ruang Digital Dengan Pesan Positif

Sabtu, 17 Juni 2023 12:58 WIB
Foto: BNPT.
Foto: BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Era digitalisasi menjadi tantangan bagi humas pemerintah dalam menghadapi berita-berita bohong atau hoax.

Oleh sebab itu, humas harus konsisten mengisi ruang publik dengan pesan positif serta tak henti menyebarkan edukasi kepada masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Kepala Biro Perencanaan Hukum dan Hubungan Masyarakat, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Brigjen TNI Roedy Widodo, dalam penghargaan Indonesia Government Public Relations Award (IGA) 2023.

Baca juga : Ganjar Dinobatkan Jadi Mentor Pembangunan Daerah

Humas BNPT dinobatkan sebagai Lembaga Humas Pemerintah Terbaik, Sub-Kategori Lembaga Pusat/Negara.

"Adanya era digitalisasi, membuat humas harus melakukan penguatan dengan media untuk mengisi ruang-ruang digital dengan pesan positif, memberikan edukasi mana yang baik dan tidak baik," kata Roedy, di Hotel Claro, Makassar, Sulawesi Selatan, seperti keterangan yang diterima RM.id, Sabtu (17/6).

Jenderal bintang satu TNI Angkatan Darat ini menambahkan, pencapaian ini merupakan tonggak sejarah sekaligus tantangan bagi humas BNPT untuk mengoptimalkan kinerja dalam membentuk daya tangkal, daya cegah dan daya lawan masyarakat terhadap ideologi kekerasan. Sehingga dapat menghadirkan Indonesia yang harmoni.

Baca juga : Puan Ingatkan, Tak Ada Bintang Bersinar Sendiri

"Apresiasi yang diberikan merupakan tonggak awal dan tantangan bagi kehumasan BNPT untuk lebih maju lagi dan lebih baik lagi dalam memberikan layanan optimal. Tujuannya untuk membentuk daya tangkal, daya cegah dan daya lawan terhadap berita-berita yang mengajak pada kekerasan dan intoleransi," jelasnya.

Sementara, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Makassar Andi Muhammad Yasir, yang mewakili Wali Kota Makassar berharap, kegiatan award semacam ini dapat mendorong humas pemerintah untuk terus berkontribusi bagi bangsa.

"Penghargaan ini sebagai barometer pencapaian tertinggi kehumasan sepanjang tahun. Harapannya, Kegiatan nasional ini dapat mendorong humas pemerintah yang strategis, dan kontributif bagi bangsa Indonesia," terangnya.

Baca juga : Sensus Pertanian 2023 Penting Untuk Kebijakan Akurat Mendukung Petani

Sebagai informasi, IGA 2023 diselenggarakan oleh Humas Indonesia dan merupakan ajang kompetisi, apresiasi, dan berbagi pengalaman bagi praktisi kehumasan pemerintah se-Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.