Dark/Light Mode

Dukung Pelayanan Umrah

AP II Siapkan Insentif Untuk Maskapai Di Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga

Minggu, 18 Juni 2023 09:10 WIB
Pada Sabtu (17/6), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menggelar rapat koordinasi dengan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi beserta perwakilan 4 kabupaten lainnya dan President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, serta perwakilan dari Wings Air, Citilink, hingga penyedia travel umrah. (Foto: Ist)
Pada Sabtu (17/6), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menggelar rapat koordinasi dengan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi beserta perwakilan 4 kabupaten lainnya dan President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, serta perwakilan dari Wings Air, Citilink, hingga penyedia travel umrah. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga) disiapkan untuk mendukung perjalanan umrah bagi masyarakat di 5 kabupaten yaitu Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen atau dikenal dengan Barlingmascakeb. 

Pada Sabtu (17/6), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menggelar rapat koordinasi dengan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi beserta perwakilan 4 kabupaten lainnya dan President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, serta perwakilan dari Wings Air, Citilink, hingga penyedia travel umrah. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, rapat koordinasi ini digelar untuk memastikan konektivitas penerbangan di Bandara Jenderal Besar Soedirman berjalan baik. 

“Hari ini saya datang ke Purbalingga untuk memastikan konektivitas udara di Bandara Jenderal Besar Soedirman berjalan baik. Kita rapat secara komprehensif," kata Menhub Budi Karya Sumadi, dalam keterangan, Minggu (18/6).

“Bahwa ternyata di 5 kabupaten ini lebih dari 7 juta (penduduknya). Berarti potensi mereka yang akan bepergian baik untuk perjalanan biasa, perjalanan bisnis dan dinas, dan perjalanan umrah tinggi sekali,” ujar Menhub. 

Sejalan dengan hal ini, seluruh stakeholder berkomitmen untuk memberikan kemudahan perjalanan umrah bagi warga di 5 kabupaten tersebut.

Baca juga : Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah KTT ASEAN, PLN Siapkan Listrik Andal Di Labuan Bajo

“Oleh karenanya untuk umrah, kami akan membuat suatu paket secara khusus di mana dari Bandara Jenderal Besar Soedirman sampai ke Mekkah, kembali lagi ke sini dengan harga kompetitif,” ujar Menhub. 

Paket khusus umrah ini juga sebagai pendorong tumbuhnya lalu lintas penerbangan dan permintaan penerbangan dari dan ke Bandara Jenderal Besar Soedirman.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, paket umrah yang disiapkan ini mencakup penerbangan jemaah umrah dari Bandara Jenderal Besar Soedirman ke Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta) lalu kemudian dengan bus menuju Bandara Soekarno-Hatta untuk berangkat ke Tanah Suci. 

“Potensi jemaah umrah di Barlingmascaken cukup tinggi. Secara nasional, jemaah umrah pada 2023 diperkirakan 1,6 juta orang. Diperkirakan jemaah umrah di Jawa Tengah sebesar 20% dari jumlah nasional, dan kemudian dari jumlah di Jawa Tengah itu sebesar 20 persen berasal dari Barlingmascakeb yakni sekitar 70.000 jemaah," ujarnya.

“Potensi 70.000 jemaah umrah itu sekitar 1 persen dari total warga Barlingmascakeb yang sekitar 7 juta orang,” jelas Muhammad Awaluddin. 

Muhammad Awaluddin mengatakan AP II, Pemkab, dan travel umrah berkolaborasi untuk menghadirkan kemudahan perjalanan umrah bagi masyarakat di kabupaten-kabupaten ini. Rencana ini juga akan lebih detail dibahas dengan Wings Air dan Citilink. 

Baca juga : MUI Dukung Polres Tarakan Berantas Penyakit Masyarakat Dan Bersihkan Beking Bisnis Ilegal

Lebih lanjut, Muhammad Awaluddin menuturkan jemaah umrah dari Barlingmascakeb dapat menempuh waktu yang jauh lebih singkat dengan terbang dari Bandara Jenderal Soedirman ke Bandara Halim Perdanakusuma, lalu melanjutkan perjalanan ke Bandara Soekarno-Hatta untuk terbang ke Tanah Suci.

“Saat ini jemaah umrah dari Barlingmascakeb harus menempuh perjalanan dengan bus menuju Bandara Soekarno-Hatta dengan waktu tempuh mencapai lebih dari 7 jam. Sementara, terbang dari Bandara Jenderal Soedirman ke Halim Perdanakusuma cukup 47 menit, dan perjalanan darat dari Halim Perdanakusuma ke Soekarno-Hatta hanya 1-2 jam,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Sebagai upaya mendukung program ini, AP II memberikan insentif kepada maskapai guna meringankan biaya operasional yang kemudian juga diharapkan berdampak pada lebih murahnya tiket penerbangan. 

“AP II memberikan skema insentif bagi maskapai berupa pembebasan 100% atas biaya PJP4U yang terdiri dari biaya pendaratan pesawat dan biaya parkir pesawat, serta pembebasan biaya sewa konter check-in. Ini berlaku di Bandara Jenderal Besar Soedirman dan Bandara Halim Perdanakusuma,” ujar Muhammad Awaluddin.

Muhammad Awaluddin menambahkan, AP II juga menyiapkan shuttle bus, airport handling dan lounge untuk perjalanan umrah tersebut.

Di tempat yang sama, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menuturkan layanan perjalanan umrah ini ditargetkan dapat dimulai pada Agustus 2023. 

Baca juga : Dukung Kelancaran Arus Balik, Pupuk Kaltim Buka Posko Di Bandara Sepinggan

“Program perjalanan umrah ini mendapat sambutan yang sangat baik dari 5 kabupaten dan para travel murah. Masyarakat bisa berangkat menuju Bandara Halim Perdanakusuma lalu ke Bandara Soekarno-Hatta dan langsung ke Tanah Suci,” ujar Bupati Purbalingga. 

Sementara itu, PT Jaho Mulya Senjaya sebagai travel penyedia perjalanan umrah di dalam rapat koordinasi mengungkapkan tingginya animo masyarakat Barlingmascakeb terhadap program perjalanan umrah dari Bandara Jenderal Besar Soedirman. 

Hal ini tidak lepas dari kemudahan perjalanan dan singkatnya waktu yang dibutuhkan.

“Sampai saat ini sudah 1.000 orang yang mendaftar untuk perjalanan umrah ini,” ujar Direktur Utama PT Jaho Mulya Senjaya Arifah Mulyani. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.