Dark/Light Mode

Kepala BPIP: Pancasila Landasan Perkembangan Iptek

Selasa, 20 Juni 2023 10:23 WIB
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi mengingatkan, kepada mahasiswa untuk menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Hal tersebut disampaikan Yudian saat memberikan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila kepada ratusan Mahasiswa dan Civitas Akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe, Aceh.

Dosen pertama dari Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) yang berhasil menembus Harvard Law School Amerika itu juga menegaskan Pancasila adalah sebagai landasan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

Baca juga : Pj Bupati Benteng Rancang Perda Perlindungan PMI

Dalam pidatonya, Yudian mengajak mahasiswa untuk terus belajar, diskusi, membaca buku, berinovasi, kreatif sesuai dengan bidangnya. Tidak hanya itu, ia juga mengajak kepada dosen, orang tua untuk terus memperhatikan perkembangannya.

"Karena kami tidak ingin anak-anak kita terpapar oleh ideologi yang merusak dan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa ini," kata Yudian, Sabtu (17/6). 

Selain itu, tidak kalah penting mahasiswa juga harus menguasai bahasa asing, sebagai kemampuan di tingkat Internasional.

Baca juga : Dalam 3 Hari, 98 Warga India Meninggal Kena Gelombang Panas

Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP  Prakoso mengapresiasi kepada civitas akademika IAIN Lhokseumawe yang sudah menghadirkan lebih dari 500 peserta. Ia berharap momentum diskusi ini dapat dimanfaatkan mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan, pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila.

Ia berharap, dengan tema "Gotong Royong Membumikan Pancasila" ini, mahasiswa dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Ia mengatakan, banyak cara dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila bagi generasi milenial, seperti melalui musik, olahraga, kuliner, konten positif dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan yang sama Rektor IAIN Lhokseumawe Danial mengucapkan terimakasih dan apresiasi dengan terselenggaranya kegiatan ini. Ia menjelaskan, sejarah perjuangan para pahlawan Lhokseumawe untuk kemerdekaan Republik Indonesia dan penyebaran agama.

Baca juga : Milla Puas Penampilan Skuad Persib Terus Meningkat

"Sumbangsih para pendiri bangsa jangan hanya menjadi roman kita, tetapi harus menjadi pusat energi kita dalam mencintai bangsa dan negara," tegasnya.

Kesempatan ini juga Kepala BPIP menandatangani Prasasti Pusat Kajian Pancasila kampus IAIN Lhokseumawe.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.