Dark/Light Mode

Dukung Upaya BP2MI

Pj Bupati Benteng Rancang Perda Perlindungan PMI

Senin, 19 Juni 2023 15:45 WIB
Pj Bupati Bengkulu Tengah (Benteng) Heriyandi Roni saat Penandatangan MoU dengan Pemda dan Peninjauan Command Center BP2MI di Kantor BP2MI, Pancoran, Jakarta, Senin (19/6). (Foto: Khoirul Umam/Rakyat Merdeka)
Pj Bupati Bengkulu Tengah (Benteng) Heriyandi Roni saat Penandatangan MoU dengan Pemda dan Peninjauan Command Center BP2MI di Kantor BP2MI, Pancoran, Jakarta, Senin (19/6). (Foto: Khoirul Umam/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Beragam terobosan baru yang dilakukan Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mendapat apresiasi dari Penjabat (Pj) Bupati Bengkulu Tengah, Heriyandi Roni.

Kata Roni, saat ini kesempatan masyakarat untuk bekerja di luar negeri telah tertata dengan baik.

"Jadi tentu saja daerah-daerah harus mempersiapkan sumber daya manusia sesuai bidang kerjanya," kata Heri Roni pada acara Penandatangan MoU dengan Pemda dan Peninjauan Command Center BP2MI di Kantor BP2MI, Pancoran, Jakarta, Senin (19/6).

Baca juga : Pengamat: Upaya Erick Wujudkan Ranking 100 Besar Patut Dijempoli

Dia bilang, peran Pemda melahirkan SDM berkualitas merupakan kata kunci yang harus diperhatikan. Mengingat BP2MI telah membangun beragam fasilitas yang dikhususkan untuk pahlawan devisa.

"Pemda juga harus menyikapinya dengan memberikan daya dukung di tingkat daerah masing-masing," ujarnya.

Contohnya, tambah Heri Roni, peraturan daerah yang esensinya bertujuan untuk melindungi PMI.

Baca juga : Kunjungan Ke Malaysia, Jokowi Dan PM Anwar Perkuat Perlindungan PMI

"Di Benteng (Bengkulu Tengah) sendiri saya tindaklanjuti pertama dengan memperkuat kebijakan-kebijakan penempatan dan pengiriman, sekaligus perlindungan PMI, dan aturan ini akan kita design," ungkapnya.

Adapun terobosan baru yang digagas Benny antara lain dengan meluncurkan fasilitas lounge, help desk, dan fast track (jalur cepat keimigrasian) di lima bandara internasional. Gagasan ini merupakan kerja sama BP2MI dengan Kementerian BUMN.

"Tentu saja Pemda juga harus mengambil peran yang sebaik-baiknya untuk menempatkan dan melindungi para PMI yang berasal dari daerah masing-masing," tutup dia.

Baca juga : Pj Bupati Muba Gandeng Perusahaan Perkebunan Dan YCP

Diketahui pada penandatangan MoU ini diikuti oleh 13 Pemerintah Daerah, 15 lembaga pendidikan, 4 lembaga swasta, dan 3 lembaga kesehatan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.