Dark/Light Mode

Dalam 3 Hari, 98 Warga India Meninggal Kena Gelombang Panas

Minggu, 18 Juni 2023 21:27 WIB
Wanita India tampak memakai penutup wajah, untuk menghindari sengatan matahari. (Foto: PTI)
Wanita India tampak memakai penutup wajah, untuk menghindari sengatan matahari. (Foto: PTI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sedikitnya 98 orang dilaporkan meninggal akibat sengatan gelombang panas ekstrem yang melanda wilayah utara India, dalam tiga hari terakhir.

Sebanyak 54 korban meninggal, tercatat sebagai warga Uttar Pradesh, dan 44 sisanya merupakan penduduk Bihar.

Pejabat setempat menyebut, 54 orang yang dirawat di rumah sakit distrik di Ballia Uttar Pradesh meninggal pada 15, 16 dan 17 Juni 2023.

Sementara 400 orang dirawat di rumah sakit distrik di Ballia dalam tiga hari terakhir dengan keluhan demam, sesak napas dan komplikasi kesehatan lainnya.

Baca juga : Ketum Prabowo Mania 08 Ingatkan Pentingnya Penguatan Demokrasi

Mayoritas korban merupakan lansia berumur 60 tahun ke atas.

"Semuanya memiliki riwayat penyakit komorbid. Kondisi kesehatan mereka memburuk karena cuaca panas ekstrem," kata Kepala Petugas Medis Ballia, Jayant Kumar, kepada The Associated Press, Sabtu (17/6).

 "Sebagian besar kematian, dipicu oleh serangan jantung, stroke otak dan diare," imbuhnya.

Tingginya angka kematian ini mendorong pemerintah setempat memanggil tim dokter dari Ibu Kota Uttar Pradesh, Lucknow untuk menyelidiki penyebab kematian.

Baca juga : Endemi, Garuda Indonesia Izinkan Penumpang Tak Pakai Masker

Deputi Chief Minister Uttar Pradesh Brajesh Pathak telah mengirim tim beranggotakan dua orang ke Ballia untuk memastikan penyebab kematian.

Liburan Sekolah Diperpanjang

Pemerintah Madhya Pradesh telah memutuskan untuk memperpanjang liburan musim panas di sekolah hingga 30 Juni, menyusul gelombang panas ekstrem yang melanda wilayah tersebut.

Aktivitas belajar siswa kelas 1-5 telah ditutup. Sedangkan siswa kelas 6-12 diminta untuk menghadiri sekolah shift pagi.

Masih Berlanjut

IMD menyebut, gelombang panas yang parah kemungkinan akan berlanjut di banyak kantong Vidarbha dan Chhattisgarh, hingga 5 hari ke depan.

Baca juga : Sukarelawan Ganjar Latih Santri Milenial Untuk Ternak Dan Budi Daya Nila

Kemungkinan, Odisha, Jharkhand, Pesisir Andhra Pradesh dan Yanam, Bihar, Gangga Benggala Barat, Telangana, dan Uttar Pradesh bagian timur juga akan mengalami gelombang panas.

Gelombang panas yang parah, kemungkinan akan berlanjut di timur, tengah timur dan semenanjung timur India selama 3-4 hari ke depan. Baru kemudian terjadi pengurangan bertahap. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.