Dark/Light Mode

Status Pandemi Sudah Dicabut

Kemenkes: Mumpung Vaksinasi Covid Masih Gratis, Buruan Suntik

Rabu, 21 Juni 2023 21:13 WIB
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Kemenkes Siti Nadia Tarmizi (Foto: dok. Kemenkes)
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Kemenkes Siti Nadia Tarmizi (Foto: dok. Kemenkes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi telah resmi mencabut status pandemi Covid-19, Rabu (21/6). Ini sekaligus menandai masuknya Indonesia ke fase endemi. Menyusul jumlah kasus terkonfirmasi Covid yang terus menyusut. Bahkan, mendekati nihil.

Lantas, bagaimana dengan vaksinasi dan pengobatan Covid? Apakah sudah tak gratis lagi?

Baca juga : KPK Sebut Kekayaan Kadinkes Lampung Reihana Warisan Suami

Soal ini, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, sampai saat ini belum ada perubahan terkait hal tersebut.

"Skema pembiayaan Covid masih dalam pembahasan. Belum ada perubahan, sampai nanti keluar aturan baru," kata Siti Nadia kepada RM.id, Rabu (21/6).

Baca juga : Satu Berkas Perkara Dugaan Pembunuhan Lansia Rampung, Polda Kalsel Masih Buru Dalangnya

"Kita masih menyesuaikan dengan regulasi terkait seperti Keppres 11 dan 12, juga rekomendasi Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI),” imbuhnya.

Sambil menunggu regulasi baru dan mumpung aturan vaksinasi gratis masih berlaku, Nadia mendorong masyarakat untuk segera melengkapi vaksinasi Covid. Setidaknya, hingga vaksin booster kedua. “Ayo vaksin,” imbaunya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.