Dark/Light Mode

KPK Sebut Kekayaan Kadinkes Lampung Reihana Warisan Suami

Selasa, 13 Juni 2023 19:25 WIB
Kadinkes Lampung Reihana (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Kadinkes Lampung Reihana (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan, harta Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung Reihana berasal dari warisan suaminya yang telah meninggal dunia.

"Dulu suaminya itu dokter spesialis top, dan dia dapat pemberian kendaraan untuk suaminya dari rumah sakit," ungkap Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa (13/6).

Warisan dari mendiang suami Reihana Antara lain uang tunai Rp 4 miliar, rumah di Jakarta, serta mobil.

"Itu dari suami saya pak," tutur Pahala, menirukan perkataan Reihana.

Pahala juga menilai, Reihana juga punya banyak uang lantaran pernah menjabat Plt Direktur Utama (Dirut) sebuah rumah sakit di Lampung.

Baca juga : Helmut Hermawan Ngaku Sakit, Proses Penangguhan Penahanan Dipertanyakan Jaksa

"Honornya juga gila, Rp 100 juta per bulan. Masuk akal dia punya harta Rp 2 miliar setahun. kira-kira itu. Jadi saya sampaikan, nggak ada apa-apa," bebernya.

Pahala melanjutkan, KPK tidak bisa lagi menelusuri harta kekayaan suami Reihana karena sudah wafat.

"Karena itu, suaminya dulu dokter spesialis swasta, bukan PNS. Jadi kita cari ke PPATK juga orang swasta kan boleh saja nerima apa saja," ucap Pahala.

Selain itu, dia menyatakan, di enam rekening milik Reihana, tidak ditemukan transaksi mencurigakan.

"Sudah kita minta buka semua, sudah kita liat isinya, sudah dibuka juga sama dia, dan ya so so saja sih," tandas Pahala.

Baca juga : KPK Sebut Eks Kepala Bea Cukai Makassar Transaksi Pakai Rekening Mertua

Reihana telah dimintai klarifikasi oleh tim Direktorat Pendaftaran dan Pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK sebanyak dua kali. Yakni, pada Senin (8/5) dan Senin (22/5).

Reihana mendapat sorotan karena kerap memamerkan barang-barang mewah yang digunakannya. Salah satunya, tas Hermes Birkin 40 Togo Rauge Tornate yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Selain itu, dalam foto tersebut Reihana juga tampak mengenakan gaya hijab yang khas dan memadukan kaos serta rok panjangnya dengan kemeja Louis Vuitton.

Dalam LHKPN yang dilaporkan ke KPK pada 16 Februari 2023, Reihana tercatat mempunyai harta kekayaan sebesar Rp 2.715.000.000.

Aset terbesar ada di kategori tanah dan bangunan yang tersebar di Bandar Lampung, Pesawaran, dan Lampung Selatan dengan nilai total Rp 1,92 miliar.

Baca juga : Pos Indonesia Rampung Salurkan Bantuan Pengentasan Stunting Di Jateng

Ia mengaku punya tiga kendaraan senilai total Rp 450 juta. Koleksi kendaraannya antara lain Nissan Elgrand 2007 (hadiah), Toyota Minibus 2010 (hasil sendiri) dan Mercedes Benz V230 2002 (hasil sendiri).

Reihana juga memiliki harta bergerak lain senilai Rp 6,7 juta, serta kas dan setara kas Rp 300 juta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.