Dark/Light Mode

Kemnaker Kerek Kompetensi SDM Papua

Rabu, 28 Juni 2023 10:55 WIB
Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie. (Foto: Ist)
Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kekayaan sumber daya alam tanah Papua akan berdaya guna bagi kesejahteraan masyarakat Papua jika dikelola oleh sumber daya manusia yang kompeten. 

Hal itu disampaikan Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie dalam pengarahan di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas/Balvok Sorong, Selasa (27/6).

"SDA yang kaya membutuhkan SDM yang berdaya untuk mengelolanya," kata Caswiyono Rusydie.

Untuk mempercepat pengembangan SDM Papua itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mencanangkan tranformasi BLK Sorong menjadi pusat pengembangan kompetensi bagi putra-putri Papua agar dapat mengelola kekayaan SDA dan potensi daerahnya sendiri. 

Baca juga : KCJB Uji Gandengkan Kereta Inspeksi Dan Penumpang

Setelah melalui kerja panjang sejak tahun 2021, kini transformasi Balvok Sorong sudah dapat dilihat hasilnya. Balvok Sorong, menurut Caswiyono, kini sudah bertransformasi dan siap menjadi pusat pengembangan kompetensi SDM Papua.

 "Balvok Sorong siap tampil di garda depan untuk menyiapkan generasi emas Papua," tandasnya.

Transformasi ini dilakukan oleh Kemnaker dengan agenda rebranding, reformasi kelembagaan, redisign pelatihan, revitalisasi infrastruktur, peningkatan SDM pelatihan, dan pengembangan kolaborasi.

Melalui terobosan ini, kini Balvok Soromg memiliki tata kelola yang lebih baik, program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja Papua, gedung dan sarana pelatihan yang memadai, SDM kepelatihan yang berkompeten serta kemitraan dan jaringan kerja yang semakin luas.

Baca juga : Kemnaker Gelar Program Perluasan Kesempatan Kerja Di Papua

Dengan transformasi ini, kata dia, Kemnaker melakukan redisain pelatihan agar sesuai dengan pasar kerja lokal dan kebutuhan masyarakat Papua di berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata sebagai sektor stretegis Papua. Untuk

mendukung pengembangan potensi pariwisata Papua, Balvok Sorong mengembangkan kompetensi SDM pariwisata melalui berbagai kejuruan perhotelan, bahasa, kuliner, dan lain-lain.

Melalui transformasi ini juga Kemnaker melakukan revitalisasi infrastruktur pelatihan dengan membangun workshop baru, modernisasi peralatan pelatihan hingga meningkatkan kapasitas dan aksesabilitas pelatihan.

Untuk meningkatkan daya jangkau pelatihan, Kemnaker juga akan membangun Balai Pelatihan Vokasi di seluruh provinsi di Papua dan workshop-workshop satelit di berbagai daerah strategis di Papua. Menurutnya, tahun ini Kemnaker akan mulai membangun UPTP Balai Pelatihan Vokasi dan Produtivitas di Jayapura. 

Baca juga : Skema Sewa Beli, Solusi Milenial Punya Rumah

Tahun depan diharapkan akan mulai dibangun  Balvok di semua provinsi baru di empat Papua, yaitu Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat. "Langkah ini sangat penting untuk memeratakan akses pengembangan SDM  sebagai bentuk kehadiran negara untuk memenuhi hak semua warga Papua.untuk meningkatkan kompetensinya,"  tegas kandidat doktor IPB University itu.

Selain itu, untuk mengembangkan talenta muda Papua, Kemnaker juga membangun Talent Corner di Balvok Sorong. Talent Corner merupakan wahana pengembangan future jobs (pekerjaan-pekerjaan masa depan) bagi anak-anak muda Papua. 

"Kami mengajak anak-anak milenial di seluruh tanah Papua untuk datang  mengembangkan potensinya di Balvok Sorong" tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.