Dark/Light Mode

World Oceans Day 2023, KKP Luncurkan Indonesia Tropical Tuna Harvest Strategy

Selasa, 4 Juli 2023 20:42 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan meluncurkan Indonesia Tropical Tuna Harvest Strategy. (Foto: Dok. Kementerian Kelautan dan Perikanan)
Kementerian Kelautan dan Perikanan meluncurkan Indonesia Tropical Tuna Harvest Strategy. (Foto: Dok. Kementerian Kelautan dan Perikanan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia meluncurkan Strategi Pemanfaatan Perikanan Tuna Tropis (Indonesia Tropical Tuna Harvest Strategy) untuk ketiga wilayah pada perayaan World Oceans Day 2023.

Dirjen Perikanan Tangkap, Kementerian Kelautan dan Perikanan Agus Suherman mengungkapkan, rekomendasi dari Strategi Pemanfaatan Tuna di Perairan Kepulauan Indonesia ini akan menjadi referensi bagi implementasi Peraturan Pemerintah No 11/2023 tentang Penangkapan Ikan Terukur (PIT) berbasis kuota yang akan diterapkan, terutama pada perikanan tuna.

Baca juga : Idul Adha, Pupuk Indonesia Grup Salurkan 470 Hewan Kurban

"Strategi Pemanfaatan (Harvest Strategy) merupakan langkah penting dalam proses pengembangan, pengujian dan implementasi strategi pemanfaatan ikan tuna sirip kuning, cakalang dan tuna mata besar di perairan kepulauan Indonesia," jelas Agus dalam keterangannya, Selasa (4/7).

Lahirnya dokumen strategi pemanfaatan ini mewujudkan kedaulatan sekaligus komitmen Indonesia dalam mengelola dan menjamin keberlanjutan ikan tuna.

Baca juga : Indonesia Siap Tarung Di Kualifikasi Asia AirBadminton

Dalam implementasinya pengembangan dan implementasi Strategi Pemanfaatan Perikanan Tuna Tropis di Perairan Kepulauan Indonesia merupakan aksi prioritas dari Rencana Pengelolaan Perikanan Tuna, Cakalang dan Tongkol (RPP-TCT) untuk spesies tuna dan tuna neritik.

Desain strategi pemanfaatan untuk perikanan ini dibuat berdasarkan pemantauan dan pemodelan pemanfaatan sumber daya tuna cakalang, madidihang, dan tuna mata besar, dengan menggunakan pendekatan strategi pemanfaatan empiris.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.