Dark/Light Mode

Dubes Palestina Untuk Indonesia Zuhair Al Shun

Rayakan Hari Nakba Bareng Sahabat

Selasa, 23 Mei 2023 06:58 WIB
Dubes Zuhair Al Shun memberikan pidato di perayaan Hari Nakba di Hotel Borobudur, Jumat (19/5). (Foto Kedubes Palestina)
Dubes Zuhair Al Shun memberikan pidato di perayaan Hari Nakba di Hotel Borobudur, Jumat (19/5). (Foto Kedubes Palestina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komunitas Palestina di Jakarta baru saja memperingati Hari Nakba ke-75 pada Jumat (19/5) malam. Kegiatan yang difasilitasi Kedutaan Besar Palestina di Jakarta itu dilaksanakan di Hotel Borobudur, Jakarta, dengan mengundang sejumlah perwakilan negara sahabat, tokoh serta pejabat Indonesia.

“Kami berkumpul untuk memperoleh hak-hak dan mendapatkan Tanah Air kami kembali. Agar para pengungsi Palestina kembali ke Tanah Air mereka,” ujar Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun dalam pidatonya, merujuk mereka yang diusir Israel sejak 1948.

Dalam kesempatan itu, Dubes Zuhair mengapresiasi Indonesia sebagai salah satu negara sahabat yang selalu konsisten mendukung rakyat Palestina. Bahkan, dukungan diberikan masyarakat Indonesia dari berbagai level.

Baca juga : Banggakan Boediono Di Gala Dinner Alumni Oz

“Indonesia tidak diragukan lagi, selalu berdiri, selalu mendukung di belakang kami. Indonesia selalu bersama Palestina dan tidak berpura-pura tentang itu,” tegasnya.

Dubes Zuhair menjelaskan, peringatan Nakba diadakan untuk mengingat pengusiran ratusan ribu warga Palestina dari rumah dan tanah mereka pada 1948. Tahun ini bertepatan setelah berdirinya Israel.

“Untuk itu, komunitas internasional harus bekerja keras untuk membantu Palestina merebut lagi tanah kami,” katanya.

Baca juga : Beberin Potensi MIKTA Bareng Dubes Meksiko

Dia juga mengatakan, komunitas internasional harus membantu menghentikan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang dilakukan Israel.

“Inggris, Amerika, negara-negara Eropa lain harus bekerja keras untuk tidak selalu bersama Israel,” tutur Dubes Zuhair.

Untuk pertama kalinya, tahun ini Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingati 75 tahun Hari Nakba Palestina yang jatuh pada 15 Mei di markas PBB di New York, Amerika Serikat, setelah resolusi peringatan Hari Nakba disahkan pada November lalu.

Baca juga : Madura United Siap Orbitkan Putra Daerah

Sayangnya, Amerika Serikat, Kanada, Inggris dan puluhan negara lainnya menentang mengadopsi resolusi PBB tersebut. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.