Dark/Light Mode

World Oceans Day 2023, KKP Luncurkan Indonesia Tropical Tuna Harvest Strategy

Selasa, 4 Juli 2023 20:42 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan meluncurkan Indonesia Tropical Tuna Harvest Strategy. (Foto: Dok. Kementerian Kelautan dan Perikanan)
Kementerian Kelautan dan Perikanan meluncurkan Indonesia Tropical Tuna Harvest Strategy. (Foto: Dok. Kementerian Kelautan dan Perikanan)

 Sebelumnya 
Guru Besar dalam bidang pemanfaatan sumber daya perikanan Institut Pertanian Bogor, Budy Wiryawan mengatakan pada penyusunan Harvest Strategy, operating model merupakan domain peneliti sedangkan pengambilan keputusan untuk pengendalian aktivitas penangkapan dan jumlah penangkapan merupakan kewenangan pengelola perikanan.

"Tumpang tindih antara pengelolaan kawasan konservasi dan pemanfaatan perikanan memiliki potensi konflik dengan keberadaan kawasan konservasi, sehingga diperlukan sinergi menjaga siklus hidup dan rantai makanan di sumberdaya ikan sehingga kelestarian ikan akan terjaga," ujar Budy. 

Baca juga : Idul Adha, Pupuk Indonesia Grup Salurkan 470 Hewan Kurban

Menurut United Nations Convention on the Law of the Sea atau UNCLOS (1982), yang telah diratifikasi oleh Indonesia melalui Undang-undang No.17/1985, spesies yang beruaya jauh dikelola berdasarkan kerja sama internasional atau regional.

Dalam hal ini adalah tuna Regional Fisheries Management Organization (tRFMO). Indonesia memiliki komitmen kuat untuk mengelola sumber daya tuna di perairan kepulauan Indonesia secara berkelanjutan dan konsisten dengan langkah-langkah pengelolaan yang diambil oleh tRFMO, seperti penerapan strategi pemanfaatan.

Baca juga : Indonesia Siap Tarung Di Kualifikasi Asia AirBadminton

"Harvest Strategy dalam perikanan tuna menguatkan komitmen pemerintah dan pemangku kepentingan tuna dalam menyeimbangkan pengelolaan sumber daya berkelanjutan dengan pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat pesisir” tambah Strategic Lead Program Konsorsium Tuna Indonesia Thilma Komaling.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.