Dark/Light Mode

Pembinaan Dan Pendidikan Ubah WBP Terorisme Jadi Agent Of Change Di Masyarakat

Jumat, 7 Juli 2023 13:14 WIB
Foto: BNPT.
Foto: BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bertanggung jawab untuk mengubah hidup WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) yang pernah terjerat kasus terorisme agar dapat menjadi agent of change setelah kembali ke masyarakat melalui proses pembinaan dan pendidikan.

"WBP adalah tanggung jawab kita untuk kita bina, didik, supaya menjadi agent of change , duta harmoni, duta perdamaian, dan duta kontra radikalisasi setelah kembali ke masyarakat," kara Direktur Deradikalisasi BNPT Brigjen Achmad Nurwahid.

Hal ini disampaikannya dalam kegiatan Focus Group Discussion Program Pembelajaran dan Penilaian WBP Pusat Deradikalisasi Lapas Khusus Klas II B Sentul, di Cisarua Jawa Barat, seperti keterangan yang diterima RM.id, Jumat (7/7).

Baca juga : Prospek Ekonomi RI Masih On The Track

Dalam melakukan pembinaan kepada WBP dibutuhkan peran setiap pihak terkait yang dimulai sejak tahapan seleksi.

Mulai dari peran Lapas Khusus Klas II B Sentul, narasumber dan fasilitator setiap bidang, hingga instruktur workshop.

"Di sinilah peran pihak terkait dibutuhkan. Mulai dari tahapan seleksi, kita pilih yang sudah kategori kuning, berpotensi, dan memiliki kualifikasi lebih. Misal punya bakat manajerial, wirausaha atau keterampilan lain," tambah mantan Direktur Pencegahan BNPT ini.

Baca juga : Top, Menajemen Keuangan Pemdaprov Jabar Jadi Percontohan Nasional

Sementara menurut Wahyu Cahyono, narasumber Bidang Psikologi, salah satu indikasi pembinaan dianggap berhasil dapat dicapai dengan memastikan petugas pembinaan memahami dinamika hingga relasi antar WBP.

"Perlu didalami lebih lanjut setiap dinamika yang terjadi pada kelas pembinaan tiap bidang, hingga relasi antar WBP berdasarkan pengamatan mentor dan petugas lapas," ujarnya.

Dalam kegiatan ini, setiap bidang pembinaan menyusun silabus dan akan menjelaskan perkembangan masing-masing WBP dengan total 27 orang, serta mengkalkulasikan data menjadi laporan bulanan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.