Dark/Light Mode

Dukung Program Agro Edu Tourism Karya PYCH Binaan BIN

Jokowi Acungkan Jempol

Senin, 10 Juli 2023 08:00 WIB
Presiden Jokowi usai berkeliling mengunjungi Waibu Agro Edu Tourism, di Distrik Waibu Kabupaten Jayapura, Jumat (7/7). (Foto: Dok. Istimewa)
Presiden Jokowi usai berkeliling mengunjungi Waibu Agro Edu Tourism, di Distrik Waibu Kabupaten Jayapura, Jumat (7/7). (Foto: Dok. Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memberikan acungan jempol kepada Waibu Agro Edu Tourism yang berada di Kampung Kwadeware, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua.

Menurut Presiden, pusat edukasi wisata yang berfokus pada pertanian, peternakan, dan perikanan ini, mampu menjadi wadah anak-anak muda Papua dalam berkreasi dan beraktivitas. Jokowi pun optimis anak-anak muda Papua bakal menguasai pasar di masa depan.

Baca juga : Presiden Jokowi Apresiasi Waibu Agro Edu Tourism Milik PYCH Binaan BIN

Pujian itu disampaikan Jokowi usai berkeliling mengunjungi Waibu Agro Edu Tourism, di Distrik Waibu Kabupaten Jayapura, Jumat (7/7) lalu. Waibu Agro Edu Tourism merupakan karya anak-anak muda Papua yang tergabung dalam Papua Youth Creative Hub (PYCH). PYCH ini sendiri merupakan binaan Badan Intelijen Negara (BIN). Nama Waibu merupakan kepanjangan dari Wajah Baru Indonesia (Waibu), selain dari nama distrik di Jayapura tersebut.

Jokowi tiba di lokasi pada sore hari. Mantan Walikota Solo itu, tampil santai dengan mengenakan kaos lengan panjang warna kuning kunyit yang digulung sesiku, dipadu dengan celana hitam. Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi sejumlah pejabat. Mereka adalah Mensesneg Pratikno, Kepala BIN Budi Gunawan, Wakil Kepala BIN Teddy Lhaksmana, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Mendagri Tito Karnavian, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Plh. Gubernur Papua Ridwan Rumasukun.

Baca juga : Anak Muda PYCH Binaan BIN Rancang Busana PSC Kemenparekraf

Setiba di lokasi, Jokowi dan rombongan disambut sekelompok anak muda Papua yang tampak rapi dengan seragam kaos warna merah hati. Jokowi kemudian diajak berkeliling melihat fasilitas yang ada di sana.

Fasilitas pertama yang dilihat Jokowi adalah proses produksi sayur hidroponik atau metode menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah. Sayur yang ditanam di sini antara lain pakcoy, sawi putih, sawi pahit, selada dan kangkung. Semuanya tampak hijau dan segar. Sayur-sayur ini kemudian dipasarkan ke supermarket.

Baca juga : KPU Dukung Komitmen Jokowi Sukseskan Pemilu Lima Tahunan

Jokowi juga melihat laboratorium untuk mengembangkan tanaman atau sayuran.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.