Dark/Light Mode

Dukung Program Agro Edu Tourism Karya PYCH Binaan BIN

Jokowi Acungkan Jempol

Senin, 10 Juli 2023 08:00 WIB
Presiden Jokowi usai berkeliling mengunjungi Waibu Agro Edu Tourism, di Distrik Waibu Kabupaten Jayapura, Jumat (7/7). (Foto: Dok. Istimewa)
Presiden Jokowi usai berkeliling mengunjungi Waibu Agro Edu Tourism, di Distrik Waibu Kabupaten Jayapura, Jumat (7/7). (Foto: Dok. Istimewa)

 Sebelumnya 
Dari sana, Jokowi diajak melihat Pych Coffe Lab yang menjadi salah satu produk unggulan di Waibu Agro Edu Tourism. Pych Coffe Lab adalah wujud cinta dan kesetiaan kepada kopi Papua. Cinta dan kesetiaan kepada tanah, budaya, dan manusia gigih yang menghasilkannya. Pych Coffee Lab juga merupakan mitra para petani dalam meningkatkan kualitas kopi sejak dari lahan. Dengan sekaligus menggandeng para pengolah kopi, Pych Coffee Lab bertekad menumbuhkan ekosistem yang sehat dan berkesinambungan, demi peningkatan kuantitas dan kualitas Kopi Papua secara keseluruhan.

Jokowi dan rombongan kemudian diajak melihat sejumlah fasilitas modern termasuk indoor farming, garden bed, perkebunan, ladang jagung, rumah produksi benih jagung unggul, peternakan ayam pedaging, kolam apung, dan bioflok.

Baca juga : Presiden Jokowi Apresiasi Waibu Agro Edu Tourism Milik PYCH Binaan BIN

Semua fasilitas ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman praktis kepada anak muda hingga masyarakat Papua mengenai sektor pertanian, peternakan, dan perikanan.

Salah satu pencapaian signifikan dari Agro Edu Tourism adalah dalam produksi bibit jagung. Sebelumnya, masyarakat Papua harus mengimpor bibit jagung dari luar. Namun, dengan adanya Agro Edu Tourism, besok ibit jagung yang berkualitas sudah dapat dihasilkan secara lokal. Saat ini, banyak masyarakat yang telah menggunakan bibit jagung dari Agro Edu Tourism untuk pengembangan pertanian di daerahnya.

Baca juga : Anak Muda PYCH Binaan BIN Rancang Busana PSC Kemenparekraf

Dengan penggunaan bibit jagung yang berkualitas ini, diharapkan hasil panen jagung di Papua dapat meningkat secara signifikan, memberikan manfaat ekonomi yang lebih baik bagi petani setempat, dan mengurangi ketergantungan pada impor.

Selain memproduksi benih jagung unggul, di tempat ini juga terdapat berbagai sayuran dan peternakan ayam pedaging yang telah dimanfaatkan memenuhi kebutuhan rantai pasokan pangan di Papua. Di tempat ini, ada peternakan ayam broiler 10.000 ekor.

Baca juga : KPU Dukung Komitmen Jokowi Sukseskan Pemilu Lima Tahunan

Rencananya, Waibu Agro Tourism ini akan memproduksi bibit-bibit pohon unggul Papua, seperti kopi, pinang, anggrek, matoa, hingga buah merah.

Usai berkeliling, Jokowi tampak puas dengan berbagai kegiatan edukasi dan pelatihan yang ada di Waibu Agro Edu Tourism.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.