Dark/Light Mode

Konsisten Jalankan Enam Resep Jitu

Indonesia Negara Kuat Dalam Waktu 30 Tahun

Rabu, 26 Juli 2023 07:30 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Antara)
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mengaku punya enam resep jitu agar Indonesia menjadi negara kuat dalam 30 tahun. Resep ini diklaim ampuh karena tidak ada negara yang bisa mendikte Indonesia. Terutama dalam mengeluarkan kebijakan strategis di dalam negeri.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, resep jitu yang pertama, Indo­nesia terus melakukan industri­alisasi melalui hilirisasi untuk pertumbuhan dan ketahanan ekonomi.

Kedua, dekarbonisasi untuk mempercepat net-zero, sekaligus menangkap peluang ekonomi hijau. Ketiga, menyelenggara­kan pendidikan yang terjangkau dan berkualitas untuk meng­hasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil.

Baca juga : Pengamat Maritim Ingatkan Pentingnya Penetapan Landas Kontinen

Keempat, menyeimbangkan semua lini untuk menyelesaikan ketimpangan sosial ekonomi di Indonesia. Kelima, mendigitalisasikan layanan untuk pemerin­tahan yang efisien, transparan, dan inklusif

Keenam, mengembangkan infrastruktur untuk memung­kinkan interkoneksi orang, ba­rang dan informasi.

“Keenam agenda ini memang tidak akan selesai dalam satu kepresidenan. Jika konsisten melakukan ini, maka kita akan menjadi negara kuat dalam waktu 30 tahun,” ujar Luhut dalam acara Nikel Conference 2023 di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Ganjar Dekat Dengan Ulama

Eks Menko Polhukam ini menegaskan, untuk mendu­kung rencana Indonesia menjadi negara maju, investor harus mematuhi kebijakan yang sudah dikeluarkan Indonesia.

Salah satu kebijakan yang dimaksud, yakni mematuhi pelarangan ekspor mineral men­tah seperti yang saat ini sudah diberlakukan untuk bijih nikel dan bauksit.

Luhut menegaskan, jika para investor tidak patuh, Pemerintah tidak akan segan-segan member­hentikan operasionalnya yang ada di Tanah Air.

Baca juga : Setan Merah Ikat Rashford 5 Tahun

“Mereka harus mematuhi ini. Kalau investor tidak mematuhi, kami akan stop operasional di Indonesia dan akan kami laku­kan review. Ada pesan tertulis Pemerintah jika tidak mematuhi peraturan,” tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.