Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lima Paket Belum Kelar

Pemerintah Tancap Gas Pembebasan Lahan IKN

Jumat, 28 Juli 2023 07:30 WIB
Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto. (ANTARA/HO-Kementerian ATR/BPN)
Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto. (ANTARA/HO-Kementerian ATR/BPN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tancap gas melakukan percepatan penyelesaian permasalahan lahan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto mengatakan, progres pengadaan tanah di IKN sudah selesai dan sebagian ma­sih dalam proses pembayaran.

Rinciannya, ada 12 paket pengadaan tanah di IKN, dengan tujuh paket telah terselesaikan. Sementara, lima paket masih dalam proses pembayaran.

Baca juga : Lembaga Pendidikan Keagamaan Berperan Penting Untuk Pembangunan Bangsa

“Kami targetkan selesai secepatnya dan akan lebih baik. Kami juga meminta bantuan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) untuk proses pembayaran bisa dipercepat,” ujar Hadi dalam keterangan resminya, di Jakarta, kemarin.

Eks Panglima TNI ini me­mastikan, progres tersebut telah dilaporkan kepada Ketua Satgas Perolehan Tanah dan Investasi IKN sekaligus Menteri Koordi­nator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pand­jaitan, dalam Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Percepatan Penye­lesaian Permasalahan Lahan dan Investasi di IKN, belum lama ini.

Adapun 12 paket pengadaan tanah yang dilakukan oleh Ke­menterian ATR/BPN di IKN, antara lain IPAL dan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu IKN, Dermaga Logistik, Fasili­tasi Bendungan Sepaku Semoi, Bendungan Sepaku Semoi Tahap I, Intake Sungai Sepaku Tahap I.

Baca juga : Kiai Muda Ganjar Gelar Pelatihan Pemanfaatan Limbah Kayu Jati di Tuban

Kemudian, Perubahan Intake Sungai Sepaku Tahap II, Infra­struktur IKN Tahap I, SPAM Instalasi Pengelolaan Air KIPP, Bypass Shortcut Pasar Sepaku.

Selanjutnya, Bendungan Sepaku Semoi Tahap II, Dup­likasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek, dan Jalan Tol Akses menuju IKN (Karang Joang-KTT Kariangau-SpTem­padung-Jembatan Pulau Balang.

Hadi menjelaskan, untuk pene­tapan lokasi pengadaan tanah sudah disosialisasikan ke mas­yarakat dan sudah di tahap akhir.

Baca juga : Gerakan Passeddingeng Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Gula Aren di Bone

“Terkait progres ini sudah berja­lan. Ada sedikit hambatan karena menunggu persetujuan masya­rakat, dan kami juga meminta bantuan Pemda untuk membantu mengejar sosialisasi ini,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.