Dark/Light Mode

Lima Paket Belum Kelar

Pemerintah Tancap Gas Pembebasan Lahan IKN

Jumat, 28 Juli 2023 07:30 WIB
Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto. (ANTARA/HO-Kementerian ATR/BPN)
Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto. (ANTARA/HO-Kementerian ATR/BPN)

 Sebelumnya 
Sekadar informasi, secara garis besar Kementerian ATR/BPN memiliki tanggung jawab dalam dua aspek, yaitu penyu­sunan tata ruang dan pengadaan tanah di IKN.

Terkait tata ruang, Kementerian ATR/BPN sudah menetapkan sembilan Rencana Detail Tata Ru­ang (RDTR) menjadi Peraturan Kepala Otorita Ibu Kota Negara (OIKN).

“Kepala OIKN sudah menye­rahkan progres pelepasan hutan kurang lebih 36 ribu dan sudah ditandatangani, sehingga soal permasalahan tersebut sudah selesai,” beber Hadi.

Baca juga : Lembaga Pendidikan Keagamaan Berperan Penting Untuk Pembangunan Bangsa

Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau masing-masing sektor menjemput bola untuk memper­cepat progres.

“Saya ingatkan lagi, kita berp­acu dengan waktu. Lahan di IKN harus segera kita selesaikan. Kita jangan sampai memperma­lukan presiden, dorong percepa­tan ini jangan sampai ada yang tertahan lagi progresnya. Saya minta semua berkolaborasi dan jemput bola,” tegasnya.

Anggota Ombudsman Dadan S Suharmawijaya mengungkapkan, ada tiga ribu permohonan layanan legalitas tanah di wilayah IKN Nusantara yang terbengkalai. Se­bagian ada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Baca juga : Kiai Muda Ganjar Gelar Pelatihan Pemanfaatan Limbah Kayu Jati di Tuban

Dadan mengatakan, hal itu ter­jadi karena dampak terbitnya Surat Edaran (SE) Menteri ATR/BPN Nomor 3/SE-400.HR.02/11/2022 tentang Pembatasan Penerbitan dan Pengalihan Hak Atas Tanah di Wilayah IKN.

“Jadi, adanya surat edaran Menteri ATR/BPN itu meng­hentikan layanan jual beli dan pendaftaran tanah pertama,” kata Dadan.

Dadan menyebut, alasan ber­hentinya layanan permoho­nan surat keterangan tanah dan pendaftaran tanah karena adanya kesimpangsiuran aturan di kan­tor pertanahan.

Baca juga : Gerakan Passeddingeng Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Gula Aren di Bone

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 28/7/2023 dengan judul Lima Paket Belum Kelar, Pemerintah Tancap Gas Pembebasan Lahan IKN

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.