Dark/Light Mode

Bulan Depan, Jokowi Mau Ngajak Dubes ASEAN Dan Negara Mitra Jajal Kereta Cepat

Selasa, 8 Agustus 2023 15:28 WIB
Presiden Jokowi bersama para Dubes ASEAN dan negara mitra naik MRT dari Stasiun Bundaran HI ke Stasiun ASEAN, Selasa (8/8). (Foto: Instagram @jokowi)
Presiden Jokowi bersama para Dubes ASEAN dan negara mitra naik MRT dari Stasiun Bundaran HI ke Stasiun ASEAN, Selasa (8/8). (Foto: Instagram @jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengungkap keinginan para duta besar (dubes) ASEAN dan negara mitra, untuk menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), yang akan menjalani masa uji coba pra operasi pada September mendatang.

Untuk diketahui, KCJB yang diinisiasi sejak 2015, akan menjadi kereta tercepat di Asia Tenggara. Kereta yang memiliki kecepatan maksimal 385 km ini, akan dioperasikan dengan kecepatan standar 350 km/jam.

KCJB hanya butuh waktu 40 menitan, untuk melintasi rel sepanjang 142,3 km. Jauh lebih cepat dibanding waktu tempuh kereta reguler, yang mencapai 3-4 jam.

“Tadi di dalam (MRT), para duta besar mengatakan ingin mencoba kereta cepat. Bulan depan, akan saya ajak,” ujar Jokowi kepada wartawan, usai acara Peringatan HUT ke-56 ASEAN di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Selasa (8/8).

Baca juga : Presiden Jokowi Ajak Para Dubes ASEAN Naik MRT

Jokowi mengajak para duta besar negara (dubes) ASEAN dan sejumlah negara mitra menggunakan transportasi MRT, dari Stasiun Bundaran HI hingga Stasiun ASEAN, Selasa (8/8). Setelahnya, mereka jalan kaki menuju Gedung ASEAN untuk mengikuti perayaan HUT ke-56 ASEAN.

Sebelum menaiki MRT, Jokowi terlebih dahulu meluncurkan Kartu Jelajah Berganda MRT Jakarta Edisi Khusus “MRT ASEAN 56 dan MRT Ride”. Serta melakukan tap in sebagai tanda peluncuran.

Kartu edisi khusus ini adalah kolaborasi antara MRT Jakarta dan ASEAN untuk merayakan Hari ASEAN ke-56, yang bertajuk “Hari ASEAN ke-56: Episentrum Pertumbuhan”.

Kartu ini juga merupakan simbol atas terpilihnya MRT Jakarta sebagai partner transportasi resmi ASEAN untuk keketuaan Indonesia tahun ini.

Baca juga : Kumpul Di Istana, Jokowi Bangga Lantik 833 Perwira TNI Dan Polri

Uji Coba Pra Operasi

Sesuai arahan pemerintah, uji coba pra operasi Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan berlangsung mulai awal September 2023. Dalam masa uji coba pra operasi, masyarakat dapat menjajal KCJB tanpa dikenai biaya.

Terkait hal ini, General Manager Corporate Secretari PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunnisa mengatakan, pihaknya terus memastikan seluruh kelengkapan pendukung operasional, agar dapat berjalan dengan baik saat dioperasikan.

Secara paralel, KCIC juga melakukan sertifikasi baik sarana dan prasarana KA Cepat bersama Kementerian Perhubungan.

Baca juga : Mentan Dampingi Jokowi Tinjau Ladang Jagung Di Food Estate Keerom Papua

Di masa uji coba gratis, KCIC akan melibatkan berbagai stakeholder, khususnya masyarakat di sekitar trase KA Cepat. Pelibatan warga sekitar trase KA Cepat ini adalah bentuk apresiasi KCIC, atas peran serta dan dukungan masyarakat sekitar trase KA Cepat, hingga proses pembangunan KA cepat dapat berjalan lancar.

“Akan ada kesempatan bagi masyarakat lainnya, yang ingin mengikuti uji coba gratis, dengan melakukan pendaftaran secara mandiri. Mekanisme dan ketentuannya, akan segera diumumkan secara resmi melalui saluran informasi PT KCIC," jelas Eva.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.