Dark/Light Mode

KCIC Ingatkan Warga Jangan Main Layangan Di Sekitar Jalur KA Cepat

Sabtu, 22 Juli 2023 13:32 WIB
Lintasan dan armada Kereta Cepat Indonesia China/KCIC. (Foto: Dok. KCIC)
Lintasan dan armada Kereta Cepat Indonesia China/KCIC. (Foto: Dok. KCIC)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku operator kereta api (KA) cepat Jakarta-Bandung terus melakukan berbagai sosialisasi ke masyarakat jelang operasional KA cepat.

Salah satunya masyarakat diminta tidak beraktivitas di sekitar jalur karena sangat berbahaya baik pada masa uji coba atau saat mulai beroperasi melayani penumpang.

Baca juga : Hari Ini, Kontes Ternak dan Ekspo Pangan Murah Digelar Di Kiara Payung

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, masyarakat diminta menjaga sarana dan prasarana yang merupakan Proyek Strategis Nasional ini meski sepanjang jalur KA Jakarta-Bandung sudah diberi pagar dan kawat berduri.

"Diharapkan seluruh masyarakat dapat ikut berperan aktif dalam menjaga keselamatan dirinya maupun orang lain di sekitar jalur KA cepat," kata Eva dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu (22/7).

Baca juga : Pentingnya Penanganan Penyakit Tulang Belakang Secara Komprehensif

Untuk operasional, kata Eva, KCIC menginformasikan jalur KA cepat dialiri arus listrik sebesar 27,5 kilovolt (kV) yang akan menjadi sumber penggerak melalui media pantograf yang terdapat di bagian atas kereta.

Pantograf tersebut akan terhubung dengan jaringan listrik aliran atas (LAA) atau overhead catenary system (OCS). Semakin tinggi laju KA, maka semakin besar kebutuhan keterhubungan yang mulus antara pantograf dan LAA.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.