Dark/Light Mode

Wamenhan Janji Modernisasi Alutsista TNI AU

Selasa, 15 Agustus 2023 23:36 WIB
Wakil Menteri Pertahanan Wamenha M. Herindra mewakili Menteri Pertahanan Menhan Prabowo Subianto melaksanakan acara penyerahan Pesawat Super Hercules C-130J /A-1343 ketiga, produksi Lockheed Martin, di Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (15/8). (Foto: Humas Kemenhan)
Wakil Menteri Pertahanan Wamenha M. Herindra mewakili Menteri Pertahanan Menhan Prabowo Subianto melaksanakan acara penyerahan Pesawat Super Hercules C-130J /A-1343 ketiga, produksi Lockheed Martin, di Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (15/8). (Foto: Humas Kemenhan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Pertahanan (Wamenha) M. Herindra mewakili Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melaksanakan acara penyerahan Pesawat Super Hercules C-130J /A-1343 ketiga, produksi Lockheed Martin, di Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (15/8).

Pada kesempatan itu, dia menegaskan, pihaknya akan memperkuat alat utama sistem senjata (alutsista) yang sudah rusak atau memodernisasi alutsista milik TNI Angkatan Udara (AU).

"Untuk sementara kita baru ada anggaran untuk lima pesawat. Tapi ke depan kita akan mengganti semua alutsista kita yang sudah rusak dengan alutsista yang baru," kata Herindra, usai menyerahkan Pesawat C-130 J Hercules kepada TNI AU, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (15/8).

Baca juga : Kementan Dukung Petani Milenial Melalui Program KUR

Diketahui, pemerintah Indonesia sejauh ini telah melakukan pembelian lima Pesawat C-130 J Super Hercules.

Tiga di antaranya sudah diterima, dan dalam waktu dua bulan mendatang, akan dua lagi akan datang dari Amerika.

"Ini adalah merupakan bukti komitmen dari pak Menhan Pak Prabowo Subianto untuk selalu meningkatkan kekuatan alutsista kita," ucap Hendra.

Baca juga : Polbangtan Kementan Cetak Generasi Muda Petani Andal

"Kita melihat ini adalah pesawat Hercules yang terbaru sangat canggih dan mudah-mudahan ke depan kita akan terus mendapatkan alutsista terbaik untuk menjaga kedaulatan NKRI," sambungnya.

Selain Super Hercules, Herindra mengungkapkan, pemerintah Indonesia juga sudah menandatangani dua kontrak pesanan pesawat Airbus A400M multirole tanker dan transport (MRTT).

"Ini bukti komitmen pemerintah untuk memperkuat alutsista. Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita akan segera mendapatkan pesawat tersebut," ungkapnya.

Baca juga : Menuju 16 Besar, Fajar/Rian Janji Jaga Kondisi Di Australia Open

Acara prosesi penyerahan pesawat Super Hercules C-130J/A-1343 ini sendiri diawali dengan pelepasan tirai logo Skadron Udara 31 yang dirangkai dengan pemecahan kendi dan penyiraman kembang ke pesawat.

Turut hadir dalam acara ini Wadankodiklat AU, Kas Koopsudnas, Kabaranahan Kemhan, Pangkoopsud I, dan Kasatgas Udara, serta sejumlah pejabat tinggi lainnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.