Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kementan Dukung Petani Milenial Melalui Program KUR

Senin, 14 Agustus 2023 10:21 WIB
Kementan berkomitmen mendorong generasi milenial untuk menjadi petani berwiraswasta. (Foto: Dok. Kementan)
Kementan berkomitmen mendorong generasi milenial untuk menjadi petani berwiraswasta. (Foto: Dok. Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pertanian (Kementan) memperkuat sinergi dengan perbankan syariah.

Tujuannya mendukung petani milenial dan wirausahawan muda pertanian dalam mengakses permodalan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) berdasarkan prinsip perbankan syariah.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kementan berkomitmen untuk terus memfasilitasi generasi milenial terjun menjadi petani dan berwirausaha pertanian.

"Petani milenial memiliki intelektual yang sudah terbangun tapi tersandung masalah modal yang terbatas. Untuk itu, kita jembatani sesuai perintah Presiden Joko Widodo melalui KUR," kata Mentan dalam keterangan resminya dikutip Senin (14/8).

Baca juga : Relawan Gibran Dukung Prabowo, Yakin Bisa Lanjutkan Program Jokowi

Mentan meminta Pemerintah daerah mengoptimalkan serapan KUR guna membiayai berbagai program pertanian. Pemerintah provinsi, kabupaten/kota harus mengubah gaya pembiayaan yang selama ini sangat bergantung pada anggaran negara dengan cara melibatkan partisipasi perbankan maupun pihak swasta.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi mengajak seluruh petani milenial memanfaatkan akses permodalan melalui Program Petani Milenial Akses KUR (TaniAKUR) untuk mengembangkan skala usahanya.

"Jangan takut mengakses KUR untuk mengembangkan bisnis karena pertanian sudah terbukti pasti menguntungkan asal dikelola dengan cara-cara yang baik dan benar," ujarnya.

Menurut Dedi, KUR adalah anggaran atau modal yang dicanangkan oleh Pemerintah dengan bunga rendah, hanya 6 persen, jauh lebih rendah ketimbang akses permodalan lainnya.

Baca juga : HUT Ke-78 RI, Kementerian BUMN dan Pertamina Gelar Bazaar UMKM

Manajer Pemasaran Mikro Bank Syariah Indonesia (BSI) cabang Pasuruan, MK Huda menegaskan komitmen BSI mendukung akses modal petani milenial melalui solusi keuangan yang mengacu pada prinsip-prinsip syariah.

"Kami percaya, pertanian yang berkelanjutan dan berkualitas dapat menjadi fondasi penting bagi masa depan lebih baik. BSI siap kolaborasi dengan para pemangku kepentingan di sektor pertanian," jelasnya.

Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang Setya Budhi Udrayana mengatakan, saat ini adalah era kolaborasi sesama petani milenial dan wirausahawan muda pertanian, maupun dengan stakeholders baik sebagai sebagai offtaker serta kalangan perbankan adalah keniscayaan.

"Kami percaya dengan kolaborasi dan berbagi pengetahuan, generasi muda dapat membawa perubahan positif dalam sektor pertanian dan mendukung ketahanan pangan nasional," katanya.

Baca juga : Maksimalkan Pengembangan UMKM Global Melalui BNI Xpora

Setya mengharapkan dengan potensi kolaborasi, akan memajukan pertanian Indonesia melalui kerja keras dan kerja cerdas dari petani-petani milenial di seluruh Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.