Dark/Light Mode

IDSurvey Konservasi Ekosistem Pesisir Bersama Relawan Bakti BUMN

Sabtu, 19 Agustus 2023 10:50 WIB
Pelaksanaan Upacara Kemerdekaan di atas laut, diikuti oleh Kementerian BUMN, IDSurvey dan Relawan bakti BUMN Batch IV di Pandeglang, Banten. [Foto: Ist]
Pelaksanaan Upacara Kemerdekaan di atas laut, diikuti oleh Kementerian BUMN, IDSurvey dan Relawan bakti BUMN Batch IV di Pandeglang, Banten. [Foto: Ist]

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati Hari Kemerdekaan yang ke-78 RI, IDSurvey melakukan transplantasi terumbu karang, budidaya anemon dan penanaman mangrove. Hal ini dilakukan sebagai upaya konservasi Ekosistem Pesisir bersama Relawan Bakti BUMN Batch IV di Pantai Carita. Kegiatan ini juga bertujuan memulihkan kehidupan biota bawah laut yang mulai rusak. Salah satunya, karena aktivitas penangkapan ikan dengan bahan berbahaya.

Konservasi Ekosistem Pesisir merupakan rangkaian dari Program Relawan Bakti BUMN Batch IV yang diikuti oleh 100 Relawan terpilih dari hasil seleksi 8.096 pendaftar. Aksi ini dilaksanakan serentak pada 15–17 Agustus 2023 di 10 lokasi di Indonesia.

Program Relawan Bakti BUMN Batch IV dilakukan sesuai hasil survei yang selanjutnya dilakukan social mapping dan dianalisis, lalu diselaraskan dengan Fokus Prioritas Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN yang ditetapkan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, yaitu Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Baca juga : Maucash Gandeng AMITRA Perkuat Ekosistem Pembiayaan Syariah

Terkait Relawan Bakti BUMN ini, Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan, Kementerian BUMN mendorong para pegawai BUMN untuk selalu mengimplementasikan core values BUMN, AKHLAK. Yakni Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, tak hanya di lingkungan kantor, namun juga di lingkungan masyarakat, dimanapun mereka berada.

"Sehingga, Bakti BUMN dapat secara nyata dirasakan masyarakat, tidak hanya melalui BUMN sebagai sebuah korporasi, namun juga dalam kontribusi langsung para Insan BUMN kepada masyarakat,” ujarnya.

Kehadiran IDSurvey, yang merupakan holding 3 entitas BUMN, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia, di Pandeglang bukan untuk per-tama kalinya. Pada 2022, IDSurvey telah melakukan kegiatan transplantasi terumbu karang dalam upaya Budidaya Anemon dan Ikan Nemo. Kali ini, kehadiran IDSurvey di Desa Wisata sebagai penyelenggara kegiatan Relawan Bakti BUMN di Pandeglang, Banten.

Baca juga : Kinerja Positif, Pakar Sebut Pertanian Indonesia Berkembang Baik

Menurut Sinung Triwulandari, Direktur Keuangan, Administrasi, dan Manajemen Risiko PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), kesinambungan kegiatan ini merupakan salah satu upaya IDSurvey dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. “Demi mencapai pendidikan berkualitas, pekerjaan layak, pertumbuhan ekonomi, konsumsi, produksi yang bertanggung jawab, dan ekosistem laut serta ekosistem darat,” ujarnya, pada acara penutupan Relawan Bakti BUMN di Pantai Carita, Pandeglang, Banten, Kamis (17/8/2023).

Sementara Arip Gofur, local hero IDSurvey yang aktif melakukan budidaya terumbu karang dan ikan hias di Desa Sukarame mengungkap, dulunya, perairan di kawasan pesisir disini terlihat mulai menghitam. Terumbu karangnya mulai rusak. Jumlah ikan hiasnya pun mulai berkurang. “Begitu tahun lalu kita lakukan budidaya Anemon dan transplantasi Terumbu Karang, airnya mulai jernih serta jumlah ikan mulai meningkat,” bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Lussy Ariani Seba, Direktur Sumber Daya Manusia PT Sur-veyor Indonesia juga menyampaiakn harapan atas suksesnya kegiatan relawan selama empat hari di Desa Sukarame, Pandeglang, Banten. “Kami berharap, kegiatan ini dapat memberikan pengalaman berharga bagi seluruh relawan dan mampu meningkatkan kapasitas dalam bekerja di BUMN,” ujarnya.

Baca juga : Bamsoet Dorong Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Hal senada disampaikan Budi Hartanto, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCO-FINDO “Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong kesejahteraan masyarakat sekitar serta mem-berikan dampak langsung terhadap lingkungan perairan. Menjaga alam sama seperti kita memitigasi bencana yang bisa timbul akibat kerusakannya,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.