Dark/Light Mode

IDSurvey Konservasi Ekosistem Pesisir Bersama Relawan Bakti BUMN

Sabtu, 19 Agustus 2023 10:50 WIB
Pelaksanaan Upacara Kemerdekaan di atas laut, diikuti oleh Kementerian BUMN, IDSurvey dan Relawan bakti BUMN Batch IV di Pandeglang, Banten. [Foto: Ist]
Pelaksanaan Upacara Kemerdekaan di atas laut, diikuti oleh Kementerian BUMN, IDSurvey dan Relawan bakti BUMN Batch IV di Pandeglang, Banten. [Foto: Ist]

 Sebelumnya 
Sebagai puncak acara, IDSurvey melaksanakan upacara di laut, untuk meningkatkan kesadaran relawan dan masyarakat sekitar akan pentingnya menjaga kelestarian ekosistem pesisir. Bertindak selaku inspektur upacara, Koordinator Asisten Deputi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN, Fahrudin Muhtahmin.

Rangkaian kegiatan lainnya yang dilakukan oleh relawan Bakti BUMN bersama IDSurvey selama empat hari di Desa Sukarame adalah mengajar dan pemberian bantuan di Sekolah Dasar Negeri Sukarame 2, revitalisasi madrasah sebagai sarana pendidikan, pembangunan fasilitas untuk sumber mata air Cigirang dan Cikulon, peningkatan literasi digital untuk Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dan Usaha Mikro dan Kecil (UMK), hingga Pelestarian Dzikir Saman, yang meru-pakan salah satu budaya masyarakat sekitar.

Di bagian penutupan, kegiatan ini menghadirkan dua Direksi muda BUMN, Allan Prakosa dari Bio Farma dan Reza Febriano, dari Jasa Marga untuk memberikan motivasi tentang karier kepada peserta relawan.

Baca juga : Maucash Gandeng AMITRA Perkuat Ekosistem Pembiayaan Syariah

IDSurvey dibentuk dan diresmikan pada 2021 dengan menggabungkan tiga perusahaan BUMN besar yang bergerak di bidang jasa survei dengan pengalaman selama puluhan tahun, yaitu PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) , PT Sucofindo and PT Surveyor Indonesia. Dengan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) bertindak sebagai induk IDSurvey.

PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau disingkat BKI adalah biro klasifikasi nasional yang bertugas memberikan kelas terhadap kapal-kapal niaga berbendera Indonesia dan kapal berbendera asing, yang secara reguler beroperasi di perairan Indonesia.

PT Superintending Company of Indonesia atau disebut Sucofindo adalah perusahaan yang fokus di bidang inspeksi dan pengawasan di perdagangan terutama terkait komoditas pertanian, membantu Pemerintah menjamin kelancaran arus barang, dan pengamanan devisa dalam perdagangan ekspor impor.

Baca juga : Kinerja Positif, Pakar Sebut Pertanian Indonesia Berkembang Baik

Sementara PT Surveyor Indonesia atau disebut Surveyor Indonesia, adalah perusahaan yang berfokus bergerak di bidang survei, inspeksi dan konsultasi.

Tujuan dibentuknya IDSurvey ini, sebagai jawaban untuk mengoptimalkan layanan Testing, Inspection, and Certification (TIC) di seluruh wilayah Indonesia, meningkatkan daya saing holding BUMN jasa survei, dan menjadi top 5 leader di Asia Pasifik.

Melihat perkembangan dan tantangan yang akan dihadapi IDSurvey kedepan, sebagai holding yang berperan sangat strategis, komunikasi menjadi salah satu variabel penting diperhatikan. IDSurvey berperan penting dalam menyampaikan pesan kepada pihak internal dan eksternal perusahaan. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.