Dark/Light Mode

Pemerintah Tetapkan 6 Destinasi Wisata Prioritas 2020

Jumat, 20 September 2019 23:31 WIB
Grafik anggaran untuk destinasi prioritas. (Grafis: Ditjen Hubla)
Grafik anggaran untuk destinasi prioritas. (Grafis: Ditjen Hubla)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada enam destinasi wisata prioritas yang ditetapkan pemerintah untuk tahun 2020. Keenamnya adalah Morotai, Wakatobi, Borobudur, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, dan Bromo-Tengger-Semeru.

Keenam destinasi wisata prioritas itu ditetapkan menyusul disahkannya anggaran Kementerian Perhubungan Tahun 2020 sebesar Rp 43,11 triliun. Itu disetujui dan ditetapkan secara sah oleh Komisi V DPR pada Rapat Kerja Komisi V DPR, Rabu (18/9).

Baca juga : Kementan Gaungkan Ladorfisio, Deteksi Dini Kualitas Benih Bawang Putih

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, merinci masing-masing anggaran untuk enam destinasi prioritas. Morotai sebesar Rp 18,5 miliar, Wakatobi sebesar Rp 19,7 miliar, Borobudur sebesar Rp 4,05 miliar, Tanjung Kelayang sebesar Rp 5 miliar, Tanjung Lesung sebesar Rp 5,4 miliar, dan Bromo-Tengger-Semeru sebesar Rp 5,5 miliar.

Budi Karya juga menjelaskan, anggaran Kemenhub tahun 2020 akan digunakan untuk 4 jenis belanja. Yaitu belanja modal sebesar Rp 22,49 triliun (52,16 persen), belanja pegawai sebesar Rp 4,05 triliun (9,4 persen), belanja barang mengikat Rp 2,98 triliun (6,9 persen), dan belanja barang tidak mengikat Rp 13,59 triliun (31,54 persen).

Baca juga : Kementan Ajak Investor Ambil Peluang di 4 Jenis Usaha Agribisnis

Kemenhub mendapatkan tambahan anggaran sebesar Rp 441,5 miliar untuk membangun infrastruktur transportasi untuk pengembangan 5 destinasi wisata super prioritas dan 6 destinasi wisata prioritas. “Semoga dengan peningkatan infrastruktur dan aksesibilitas transportasi di sejumlah destinasi wisata ini dapat lebih mendukung langkah pemerintah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia,” kata Budi Karya, Jumat (20/9). [USU]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.