Dark/Light Mode

Minta Maaf Langsung Ke Menpora Malaysia, Nahrawi Ksatria

Sabtu, 7 September 2019 07:24 WIB
Menpora Imam Nahrawi menemui Menpora Malaysia Syed Saddiq untuk meminta maaf atas kerusuhan saat laga Indonesia vs Malaysia di Stadion GBK, Kamis (5/9). (Foto: instagram Imam Nahrawi)
Menpora Imam Nahrawi menemui Menpora Malaysia Syed Saddiq untuk meminta maaf atas kerusuhan saat laga Indonesia vs Malaysia di Stadion GBK, Kamis (5/9). (Foto: instagram Imam Nahrawi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Imam Nahrawi minta maaf langsung ke Menpora Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman terkait kerusuhan pada laga kualifikasi Piala Dunia antara Indonesia vs malaysia di Stadion GBK, Kamis (6/9) malam. Netizen pun memuji sikap Politisi PKB itu. Nahrawi disebut ksatria.

Nahrawi menemui Syed Saddiq di Hotel Fairmont, Jakarta, kemarin pagi. Kedatangan Nahwari untuk meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami para suporter Malaysia. Juga sang menteri.

Pertemuan keduanya terekam dalam unggahan Insta Story Syed Saddiq di akun Instagramnya, @sye- dsaddiq. Unggahan Syed dibubuhi tulisan berikut. “Berjumpa dengan @nahrawi_imam untuk membin- cangkan solusi terbaik atas kejadian semalam.”

Di video tersebut, keduanya nampak mengobrol akrab di sebuah restoran. Nahrawi bahkan sempat mengatupkan kedua tangannya saat berbincang di sebuah meja makan bersama Sekjen PSSI Ratu Tisha. Selain Syed, Nahrawi juga merekam kebersamaannya dalam akun Instagramnya, @nahrawi_imam. Dalam video itu, Nahrawi kembali menyampaikan permohonan maaf.

Baca juga : Supoter Indonesia Rusuh, Menpora Malaysia Ikut Dilempari

“Alhamdulillaaaaah. Atas nama pemerintah dan supporter Indonesia mohon maaf kepada Yth Pak Menpora @syedsaddiq dan rakyat Malaysia atas peristiwa semalam di GBK dan beliau memaafkan dengan diikuti harapan tindakan adil bagi oknum suporter yang telah mencoreng persepakbolaan nasional. Sepakbola menyatukan kita selamanya, dan terus kita jaga hubungan baik, erat dan keluarga kita dengan Malaysia selamanya juga,” tulis Nahrawi sebagai caption video yang diunggahnya.

Dalam video itu, Nahrawi juga berharap kejadian tersebut menjadi pelajaran bagi pendukung timnas Indonesia dan tak terjadi lagi ke depan. Syed berterima kasih kepada Imam atas penanganan suporter. Nahrawi pun memastikan para suporter yang melakukan kerusuhan akan ditindak tegas.

Syed berharap, hubungan Indonesia dan Malaysia tak terganggu dengan kericuhan tersebut. “Jangan karena segelintir, kita lupakan persahabatan kita. Kita pastikan keadilan itu ada dan keadilan di antara kita itu tetap bersama,” kata Syed.

Selain permintaan maaf yang divideokan, Nahrawi juga memberikan permohonan maaf secara tertulis. “Kami memberikan surat tertulis ini sebagai bahan evaluasi sebelum Indonesia bertandang (ke Malaysia) pada November nanti. Kami juga sepakat sebelum laga itu kami akan bertamu terlebih dahulu dan disambut Pak Syed) Saddiq,” ujar Nahrawi.

Baca juga : Laga Timnas Indonesia Vs Malaysia Diwarnai Kerusuhan Oknum Suporter

Syed berterima kasih atas ketegasan dan bantuan Nahrawi yang akan menghubungi pihak kepolisian sebagai tindakan lanjutan atas kejadian yang berlangsung di GBK tersebut. “Kami juga pastikan Malaysia dan Indonesia tetap bersama, bersahabat serumpun, dan pastikan silaturahim terus terjaga,”

katanya.

“Saya juga pastikan, November saat Indonesia tandang Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menolak budaya kekerasan. Pastikan sepak bola menyatukan kita semua. Saya harap apa yang terjadi semalam tidak terulang karena hanya ada sedikit orang yang melakukan itu,” lanjut Syed.

Soal laporan yang akan diberikan Malaysia kepada FIFA, Syed menyebut ini adalah kewenangan dari FAM selaku otoritas sepak bola Malaysia. “Kalau melaporkan ke FIFA itu porsinya PSSI dan FAM. Saya lebih ke pemerintah, jadi hari ini ketemu Pak Imam dan saya maklum pihak Kementerian Luar Negeri kedua negara telah bekerja sama juga menyelesaikannya,” ujarnya.

Baca juga : Minta Maaf, Bos Taksi Malaysia: Indonesia Ada di Hati

Video unggahan Nahrawi di akun Instagramnya sudah ditonton 123 ribu netizen hingga tadi malam. Komentarnya kebanyakan memuji dan menilai dia ksatria. Misalnya netizen dengan akun @kholid_iqbal_amalyn. “Subhanallah, sehat selalu Pak @nahrawi_imam, Yang selalu berusaha menjaga nama baik Indonesia,” tulisnya disambut @norman.wahyu yang merasa sedih dengan kelakuan suporter. “Sampai Pak Imam jaluk sepuro rek. Tanggung jawab PSSI iku,” sebutnya.

Di Twitter, akun @Arielmaranoes1 pun memuji sikap Nahrawi. “Jadi negara dewasa itu susah Pak Menteri @imam_nahrawi tapi dengan kepala tunduk dan minta maaf atas kesalahan justru kita hebat,” kicaunya. 

Akun @mpujayaprema sebel betul dengan ulah suporter. “Kerusuhan suporter bola. Menpora minta maaf kepada Malaysia atas nama rakyat Indonesia. Nah kan? Saya yang tak ikutan rusuh ikut di atasnamakan hanya karena jadi rakyat,” cuitnya disamber sasan @alfian_saramuha. “Setelah Menpora kita minta maaf, lanjutkan dengan memproses hukum perusuhnya. Walaupun suporter kita #memalukan bangsa dan pemerintah jangan makin bikin malu.” [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.