Dark/Light Mode

5 Kursi Pimpinan MA dan 7 Jabatan Ketua Pengadilan Tinggi Kosong

Selasa, 15 Agustus 2023 14:08 WIB
Gedung Mahkamah Agung (Foto: Dok. MA)
Gedung Mahkamah Agung (Foto: Dok. MA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lima kursi pimpinan Mahkamah Agung (MA) sedang kosong. Jabatan tersebut saat ini diisi pelaksana tugas atau Plt. Selain itu, tujuh jabatan Ketua Pengadilan Tinggi juga kosong.

Berikut lima kursi pimpinan MA yang kosong:

1. Sekretaris MA. Kursi ini masih kosong setelah Hasbi Hasan ditahan KPK dalam kasus dugaan suap penanganan perkara di MA. Kursi yang ditinggalkan oleh Hasbi Hasan diduduki Plt Sugiyanto yang juga Kepala Badan Pengawasan MA.

2. Wakil Ketua MA bidang Nonyudisial. Kursi ini kosong setelah Sunarto terpilih menjadi Wakil Ketua MA bidang Yudisial pada Februari 2023.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 15 Agustus, Cek Di Sini Lokasinya

3. Dirjen Badan Peradilan Agama (Badilag). Kursi ini kosong setelah Aco Nur memasuki masa pensiun. Saat ini, Dirjen Badilag dijabat Plt Hery Mulyono yang juga menjabat Kepala Badan Penelitian, Pendidikan dan Pelatihan, Hukum dan Peradilan MA.

4. Dirjen Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara (Badilmiltun). Kursi ini juga masih kosong. Saat ini diisi Bambang Miyanto yang sehari-hari menjabat sebagai Dirjen Badan Peradilan Umum (Badilum).

5. Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Badilum. Kursi ini juga kosong semenjak Lucas Prakoso jadi hakim agung.

Sedangkan tujuh kursi pimpinan Pengadilan Tinggi (PT) yang kosong adalah:

Baca juga : Kiai Muda Ganjar Berikan Bantuan Penerangan Jalan Untuk Warga Bojonegoro

1. Ketua PT DKI Jakarta. Kursi Ketua PT DKI kosong setelah Soedarmadji pensiun pada 4 Mei 2023. Upacara pensiunnya yang cukup megah digelar di Grand Ballroom Klub Kelapa Gading, Jakarta, dengan dihadiri langsung Ketua MA HM Syarifuddin.

2. Ketua PT Pontianak. Saat ini Ketua PT Pontianak masih kosong dan dijabat Wakil Ketua PT Pontianak Ifa Sudewi.

3. Ketua PT Pekanbaru. Kursi PT Pekanbaru saat ini kosong usai Mohammad Idroes wafat karena sakit di Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru pada akhir Juni 2023. Sehari-hari, kepemimpinan PT Pekanbaru dipegang Wakil Ketua PT Pekanbaru Diah Sulastri Dewi.

4. Ketua PT Bengkulu. Ketua PT Bengkulu juga kosong setelah Pramodana Kumara Kusumah Atmadja memasuki pensiun pada 31 Mei 2023. Pramodana dilepas langsung oleh Ketua MA HM Syarifuddin di Gedung MA. Kursi yang ditinggalkan Pramodana diisi Wakil Ketua PT Bengkulu Pontas Efendi.

Baca juga : ABC Edukasi Aturan Produk Dan Pembuatan Pangan Olahan

5. Ketua PT Tanjungkarang, Lampung. Kursi ini juga kosong selepas Mochamad Djoko pensiun. Mochamad Djoko dilepas bersama Pramodana. Saat ini Wakil Ketua PT Tanjungkarang, Suwidya, juga merangkap jabatan sebagai Ketua PT Tanjungkarang.

6. Ketua PT Padang. Saat ini PT Padang juga kosong. Kursi ini diduduki terakhir oleh Amril yang pensiun pada awal Juli 2023. Saat ini, ketua dijabat juga oleh Wakil Ketua PT Padang Ahmad Ardianda Patria.

7. Ketua PT Manado. Kursi Ketua PT Manado juga kosong. Sehari-hari roda lembaga PT Manado dipimpin Wakil PT Manado Yapi. Kursi PT Manado sebelumnya diduduki Lexsy Mamonto yang pensiun pada 3 Juli 2023.

Juru Bicara MA Suharto berjanji akan menanggapi kekosongan kursi pimpinan di MA ini. "Siap, nanti saya tanggapi. Saat ini masih konfirmasi Pak Dirjen Badilum," ujar dia, Selasa (15/8).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.