Dark/Light Mode

Kementerian PUPR : Pembangunan 47 Tower Rusun ASN Di IKN Sudah Dimulai

Jumat, 25 Agustus 2023 19:57 WIB
Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (25/8). (Foto: Danu Arifianto/RM)
Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (25/8). (Foto: Danu Arifianto/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melalui Direktorat Jenderal Perumahan telah memulai pembangunan 47 tower rumah susun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Infrastruktur yang diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai Pertahanan Keamanan (Hankam) ini ditargetkan akan rampung akhir 2024.

"Hari ini kita akan melakukan penandatanganan kontraknya. Dan pada akhir 2024 nanti seluruh pembangunan 47 tower untuk ASN di IKN itu sudah harus selesai," kata Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (25/8).

Baca juga : Kementerian PPPA Kutuk Keras Kasus Perdagangan Orang Di Gang Royal Jakut

Menurut dia, pembangunan ke-47 tower tersebut merupakan bagian dari rencana pembangunan perumahan untuk ASN di IKN.

Total anggarannya sebesar Rp 9,4 triliun, tapi yang dialokasikan untuk tahun ini baru sebesar Rp 3,7 triliun.

"Untuk lokasinya sendiri akan tersebar di kawasan-kawasan yang strategis, karena memang akan diperuntukkan untuk beberapa instansi," jelasnya.

Baca juga : Mentan Pimpin Langsung Pembuatan Biosaka Di Kalsel

Iwan mengungkapkan, ke-47 tower rusun ASN itu nantinya terdiri dari 31 tower rusun untuk hunian ASN, 9 tower rusun untuk hunian TNI, 4 tower rusun untuk hunian Polri, dan 3 tower rusun untuk hunian Badan Intelijen Negara atau BIN.

"Kondisinya pun akan sudah siap huni atau sudah fully furnished saat sudah mulai digunakan. Kawasannya juga harus fungsional, karena akan ada 16.000 ASN yang rata-rata adalah generasi milenial yang akan pindah ke sana. Jadi doakan saja, setelah hari kontrak dilakukan, pertengahan September nanti groundbreaking sudah dilakukan," terang Iwan. 

Untuk konstruksi bangunannya sendiri, dikatakan Iwan, masing-masing Rusun memiliki spesifikasi 12 lantai.

Baca juga : Perluas Konektivitas, PUPR Kebut Pembangunan Jalan Tol Menuju IKN

Dua lantai bawah untuk fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti pusat kebugaran, co-working space, kafe, supermarket, dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Sedangkan 10 lantai lainnya diperuntukkan bagi residensial ASN.

"Ini semua kita rancang untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan ASN milenial," tandas Iwan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.