Dark/Light Mode

Sediakan Air Bersih, PUPR Siapkan Pembangunan SPAM Di Bengkulu

Kamis, 20 Juli 2023 08:06 WIB
Sistem Penyediaan Air Minum SPAM Regional Benteng Kobema Bengkulu Tengah - Kota Bengkulu - Seluma akan ditopang oleh Bendung Kobema..
Sistem Penyediaan Air Minum SPAM Regional Benteng Kobema Bengkulu Tengah - Kota Bengkulu - Seluma akan ditopang oleh Bendung Kobema..

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyiapkan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Benteng Kobema (Bengkulu Tengah-Kota Bengkulu-Seluma). Rencananya, akan dibangun mulai tahun 2023 hingga 2024. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja Rabu (19/7). 

"SPAM Regional Benteng Kobema akan dibangun berkapasitas 400 liter per detik untuk Kabupaten Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, sampai Kabupaten Seluma," kata Endra. 

Baca juga : Pelita Air Buka Penerbangan Jakarta-Pontianak, Jadi Rute Ke-8

Selain akan dilakukan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA), juga akan dibangun pipa jaringan distribusi utama dengan panjang sekitar 27 km hingga ke Kota Bengkulu. 

"Pembangunan tahap I sudah diprogramkan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bengkulu Kementerian PUPR dengan anggaran Rp 400 miliar untuk melayani 38 ribu Sambungan Rumah (SR)," kata Endra. 

Menurut Endra, pembangunan SPAM Regional Kobema merupakan proyek strategis yang sangat baik untuk mengantisipasi perkembangan Bengkulu ke depannya.

Baca juga : Gembleng Wasit, PSSI Matangkan Penggunaan VAR

“SPAM Regional ini tujuannya untuk mengantisipasi perkembangan Bengkulu ke depan dengan pelayanan air bersih yang semakin baik. Hal ini sudah menjadi komitmen bersama Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota," kata Endra.

Kepala Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII Palembang Maman Noprayamin mengatakan, pembangunan dan pemeliharaannya bedung ini masih menjadi cakupan tugas BBWS Sumatera VIII Palembang.

"Permasalahan saat ini ada sedimentasi di bagian hulu, untuk itu kami usulkan dibangun cek dam supaya ada kontiunitas penyediaan air. Juga disiapkan program reboisasi untuk menjaga daerah tangkapan sungai," kata Maman.

Baca juga : PP Dan Adhi Karya Garap Jembatan KA Di Filipina

Kepala BPPW Bengkulu Dendy Kurniadi mengatakan, pembangunan SPAM Kobema melibatkan Pemerintah Daerah dengan MOU yang ditandatangani pada 2017 antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi, serta tiga kabupaten kota. 

"Provinsi akan membantu membangun jaringan distribusi utama dari Sebako sampai Seluma, kemudian untuk SR nya akan dilakukan oleh masing-masing kabupaten/kota," ujarnya.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.