Dark/Light Mode

Kementerian BUMN Dorong Entrepreneur Palembang Jadi Penggerak Ekonomi Global

Senin, 17 Juli 2023 18:31 WIB
Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga. (Foto: Istimewa)
Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, mendorong para pelaku usaha muda Palembang, Sumatera Selatan, untuk menjadi penggerak ekonomi global.

"Saya yakin, dengan kreativitas yang dimiliki para pelaku usaha muda, produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang dihasilkan dapat bersaing di pasar global," ucapnya, melalui siaran pers, Senin (17/7).

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, bahwa BUMN sangat siap untuk memfasilitasi para pelaku usaha muda untuk dapat meningkatkan kualitas dari produk yang dihasilkan agar tembus pasar global.

Baca juga : Kementerian PUPR Dan Telkomsel Perkuat Digitalisasi Melalui Penggunaan Teknologi Geospasial

“BUMN, tentunya mempunyai program-program dan juga fasilitas yang siap untuk mensupport para pelaku usaha UMKM. Contohnya, kita punya Rumah BUMN, di situ teman-teman entrepreneur millennial bisa memanfaatkannya sebagai tempat untuk melakukan pelatihan-pelatihan," ungkapnya.

Arya mengatakan, saat ini pihaknya juga sedang merancang vending machine yang akan tersedia di kantor-kantor BUMN. "Produk yang dijual, adalah produk UMKM," katanya.

Arya menambahkan, Palembang sebagai kota wisata dan terkenal dengan makanan olahan ikannya yaitu pempek.

Baca juga : Kemenag Genjot Kapasitas Penyuluh KUA Pemberdayaan Ekonomi Umat

Untuk itu, Rumah BUMN Sumatera Selatan yang merupakan binaan PUSRI dapat dijadikan tempat sentral oleh-oleh.

Dengan ini, kata Arya, Rumah BUMN dapat membantu meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM.

Selain itu, dalam diskusi bersama Entrepreneur Millennial Palembang, Arya juga menyebutkan, bahwa para pelaku UMKM harus saling proaktif dalam meningkatkan kapasitas diri dan entitas bisnis.

Baca juga : Diresmikan Jokowi, Bandara Ewer Papua Bisa Kerek Ekonomi Kabupaten Asmat

Sesi diskusi bersama Entrepreneur Millennial Palembang kali ini, diikuti 70 pelaku usaha muda yang merupakan binaan dari PUSRI, BNI, Mandiri dan BNI.

Arya berharap, ke depannya agar para entrepreneur millennial dapat terus meningkatkan kualitas ide dan inovasi produk.

"Sehingga, dapat menembus pasar internasional dan berperan besar terhadap pertumbuhan perekonomian nasional," pungkas Arya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.