Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dari Afrika, Langsung Ke Binjai

Pak Jokowi Apa Nggak Jetlag Ya

Sabtu, 26 Agustus 2023 08:00 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau harga sejumlah bahan pokok di Pasar Brahrang, Kota Binjai, Sumatra Utara, Jumat (25/08/2023). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi saat meninjau harga sejumlah bahan pokok di Pasar Brahrang, Kota Binjai, Sumatra Utara, Jumat (25/08/2023). (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah melakukan lawatan lima hari di Afrika, Presiden Jokowi tak langsung pulang ke Istana Bogor. Mantan Wali Kota Solo itu, langsung terbang ke Binjai, Sumatera Utara. Di sana, Jokowi langsung blusukan ke pasar, menemui para pembeli dan pedagang untuk mengecek harga pangan. Dari Afrika langsung blusukan ke pasar, Pak Jokowi apa nggak jetleg ya?

Pagi masih buta saat Pesawat Ga­ruda Indonesia-1 yang membawa Jokowi dari Afrika Selatan, tiba di Bandar Udara Internasional Kuala­namu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Jokowi dan rombongan mendarat tepat pukul 05.30 pagi setelah terbang selama hampir 10 jam.

Baca juga : Usai Ke Afrika, Jokowi Akan Resmikan SPAM Mebidang Di Sumut

Turun dari tangga pesawat, Jokowi disambut oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. Dari ban­dara, Jokowi tak lama-lama istirahat.

Karena tepat pukul 10 pagi, eks Gubernur DKI Jakarta itu, sudah menginjakkan kakinya di Pasar Brahrang, Binjai. Jokowi tiba di lo­kasi dengan dengan setelan khasnya. Kemeja putih lengan panjang yang digulung sesiku dipadu dengan celana hitam. Kehadirannya disambut para pembeli yang kebanyakan emak-emak dan para pedagang pasar.

Baca juga : Di Afrika, Jokowi Diistimewakan

Jokowi tampak antusias menyambut sapaan dan teriakan warga. Wajahnya tersenyum. Tak terlihat lelah, padahal sudah terbang sekitar 10 jam. Dengan ramah, Jokowi balas menyapa dan mela­yani permintaan emak-emak yang ingin foto selfie. "Pak Jokowi," teriak warga.

Jokowi lalu berjalan masuk ke dalam pasar. Di sana, ia mampir ke kios be­ras, sayur mayur, dan pegang daging ayam. Jokowi menanyakan harga-harga kebutuhan bahan pokok. Selain itu, Jokowi juga memberikan bantuan ke para pedagang.

Baca juga : Kunjungi Afrika, Jokowi Ingin Suara Negara Berkembang Makin Didengar

Kepada para wartawan, Jokowi me­nilai harga bahan pokok terpantau baik. Harga bawang merah, daging ayam ma­sih stabil. Hanya memang ada kenaikan di komoditas beras premium. "Harga daging ayam di sini bagus," ujarnya.

Setelah dari pasar, Jokowi lanjut meresmikan sejumlah infrastruktur. Salah satu infrastruktur yang diresmikan adalah Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Mebidang (Medan-Binjai-Deli Serdang) yang terletak di Kota Binjai. Pembangunan SPAM ini menelan anggaran Rp 948 miliar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.