Dark/Light Mode

Mendag Zulhas Resmikan Gudang Ekspor Shopee Cengkareng

Rabu, 30 Agustus 2023 15:32 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah) saat meninjau gudang ekspor Shopee terbaru yang berlokasi di Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu 30/8
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah) saat meninjau gudang ekspor Shopee terbaru yang berlokasi di Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu 30/8

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meresmikan gudang ekspor Shopee terbaru yang berlokasi di Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (30/8).

Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan tiba pukul 10.10 WIB dengan ditemani jajaran Kementerian Perdagangan. Setibanya di lokasi, menteri yang akrab disapa Zulhas itu langsung meninjau gudang ekspor Shopee dengan ditemani Director and Country Head Sea Group Indonesia, Kiky Hapsari.

Ketua Umum PAN itu juga sempat melihat-lihat pengepakan paket sebelum diekspor ke luar negeri.

Dalam sambutannya, Zulhas mengapresiasi komitmen Shopee dalam menciptakan UMKM berdaya saing global.

"Saya berterimakasih kepada Shopee atas perannya sebagai penyambung bagi penjual," kata Zulhas.

Baca juga : Mobil listrik: Masa Depan Transportasi Ramah Lingkungan

Melalui e-commerce seperti Shopee, tambah Zulhas, penjual dapat terhubung langsung kepada pembeli.

"Shopee membantu UMKM kita agar punya akses pasar, tidak hanya kepada pembeli dari Jawa Barat, Solo dan Jakarta, tapi bayangkan saja, ini akses pasarnya sampai ke Malaysia sampai ke Thailand, dengan sistem e-commerce sekarang," sebut mantan Ketua MPR itu.

Karena itu, pihaknya berjanji akan menata aturan ekonomi digital agar e-commerce terus berkembang. Juga, bisa mendukung UMKM agar bisa ekspor.

"Kalau gudangnya tambah besar, untungnya tambah banyak, pegawainya tambah banyak, artinya kita sama-sama berhasil. Maka perlu kerja sama. Terima kasih sekali lagi saya ucapkan,” jelas Zulhas.

Di kesempatan sama, Director and Country Head Sea Group Indonesia, Kiky Hapsari menjelaskan sebagai perusahaan teknologi, Sea Group, melalui Shopee Indonesia, merasa bangga dapat berpartisipasi aktif sebagai enabler dari perkembangan bisnis UMKM lokal menjangkau pasar global.

Baca juga : Jepang Undang Mendag Zulhas Ke G7, Tanda Penghormatan

“Gudang ini merupakan infrastruktur penunjang dari program Ekspor yang sudah dijalankan oleh Shopee saat ini. Tadi kita bisa lihat bagaimana mudahnya proses ekspor melalui Shopee. Kami juga bangga menyampaikan ada 20 juta produk UMKM lokal yang tersedia di pasar di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin,” papar Kiky.

Dia bilang, program ekspor Shopee memberikan kemudahan bagi UMKM lokal untuk melakukan ekspor.

"Setelah mendapatkan pesanan dari pembeli di negara lain, pelaku UMKM hanya perlu mengirimkan produk mereka ke gudang ekspor Shopee karena proses dan operasional manajemen produk pengiriman akan dilakukan oleh Shopee ke negara tujuan ekspor," papar dia.

Adapun proses yang dilakukan dalam gudang ekspor Shopee meliputi area penerimaan barang untuk diekspor (export inbound line, inbound area, x-ray area dan label area), area pengumpulan (sorting area, bagging area dan staging area export), area pengiriman barang untuk diekspor (export outbound line).

"Program dari Shopee untuk mempersiapkan UMKM lokal berdaya saing global peresmian gudang ekspor Shopee hari ini, melengkapi program dan komitmen Shopee," sebut Kiky.

Baca juga : Mendag Zulhas Minta Inggris Tak Hambat Ekspor Dari Indonesia

Diketahui, saat ini sudah lebih dari 20 juta produk UMKM lokal yang telah tergabung dalam program ekspor melalui mekanisme lintas batas dan menembus ke kawasan Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin.

Hal ini sejalan dengan komitmen Pemerintah dalam mendukung UMKM lokal untuk berdaya saing global, dan menjadi bagian dari rantai pasok global.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.