Dark/Light Mode

Lompat 10 Peringkat, Daya Saing Global Indonesia Makin Moncer

Kamis, 31 Agustus 2023 13:25 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan Pembukaan Rakernas XVIII HIPMI Tahun 2023, di Nusantara Hall ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (31/8/2023). (Foto: Tangkapan Layar)
Presiden Jokowi saat meresmikan Pembukaan Rakernas XVIII HIPMI Tahun 2023, di Nusantara Hall ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (31/8/2023). (Foto: Tangkapan Layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia mencetak prestasi luar biasa. Di tengah sengitnya memperebutkan pasar ekspor dan investasi, Indonesia mampu mencatatkan peningkatan signifikan dalam peringkat daya saing global.

“Kita patut bersyukur, dalam IMD Global Competitiveness Index tahun 2023, Indonesia naik ranking dari 44 ke-34. Naik 10 peringkat. Ini masuk dalam kategori tertinggi di dunia, karena lompatannya 10 peringkat,” ungkap Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVIII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Tahun 2023, di Nusantara Hall Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (31/8/2023).

Pemeringkatan IMD Competitiveness Center didasarkan pada empat kriteria, yaitu performa ekonomi, efisiensi pemerintah, efisiensi bisnis, dan infrastruktur.

Baca juga : PDIP Nggak Sensi

Peringkat performa ekonomi Indonesia, mengalami kenaikan yang paling signifikan, yaitu 13 peringkat.

"Yang paling bagus adalah performa ekonomi. Naik 13 peringkat, dari 42 ke 29,” ujar Jokowi.

Sementara efisiensi bisnis Indonesia, lompat 11 peringkat dari 31 ke 20. Sedangkan efisiensi pemerintah, naik dari 4 peringkat dari 35 ke 31.

Baca juga : Geopolitik BRICS Peluang Indonesia Maju

Untuk komponen infrastruktur, Indonesia berada di peringkat 51.

“Ini juga perlu kita lanjutkan, agar competitiveness index kita menjadi semakin baik. Dalam bersaing dengan negara-negara lain, kita terlihat memiliki kemampuan," papar Jokowi.

"Urusan peringkat ini, bukan kita yang mengeluarkan, tapi internasional,” tandasnya.  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.