Dark/Light Mode

Geopolitik BRICS Peluang Indonesia Maju

Rabu, 30 Agustus 2023 07:50 WIB
Prof. Dr. Ermaya Suradinata
Prof. Dr. Ermaya Suradinata

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari-hari ini di tengah gemuruh dinamika politik jelang Pemilu 2024, begitu ramai orang membicarakan geopolitik dan geostrategi yang sangat berkaitan dengan Indonesia dan BRICS. Terlebih beberapa hari lalu Presiden Joko Widodo kembali ke Indonesia setelah menghadiri KTT BRICS di Afrika Selatan.

Dengan demikian baik juga dipotret apa itu BRICS. Adalah BRICS, singkatan dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, satu kelompok negara yang memiliki potensi ekonomi dan geopolitik yang besar. Kelompok ini telah menjadi fokus perhatian dalam dunia geopolitik karena peran mereka dalam mengubah dinamika global. Di tengah perubahan ini, Indonesia memiliki peluang untuk maju melalui hubungannya dengan BRICS.

Baca juga : Tri Sakti Dan Revolusi Mental: Indonesia Maju

Aspek utama BRICS adalah potensi ekonomi luar biasa. Walau negara-negara BRICS beragam ekonominya, namun saling melengkapi dari manufaktur hingga teknologi. Maka pertumbuhan ekonomi dalam kelompok ini berdampak positif pada ekonomi dunia. Bagi Indonesia, hubungan kuat dengan BRICS membuka akses pasar luas, meningkatkan ekspor, investasi, dan kerja sama perdagangan.

Bersamaan pula Indonesia bisa mengembangkan hubungan kemitraan strategis dengan anggota BRICS. Sebutlah antara lain dengan China, memanfaatkan investasi infrastruktur. Dengan India, akses pasar teknologi. Lewat Brasil, perkuat kerja sama pertanian dan bioenergi. Dari Rusia, eksplorasi kerja sama energi dan teknologi militer. Dengan Afrika Selatan, jelajahi kerja sama tambang dan sumber daya.

Baca juga : Mempertimbangkan Geopolitik Indonesia Di Aliansi BRICS

Peluang-peluang demikian harus diolah oleh Indonesia. Kendati demikian ada juga tantangan geopolitik yang muncul. Munculnya persaingan ekonomi dan kepentingan strategis di antara negara-negara BRICS, hal ini bisa menghambat hubungan berkelanjutan. Mengingat akan hal ini Indonesia harus menerapkan diplomasi cerdas dan seimbang untuk memanfaatkan peluang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.